Upacara HUT RI ke-73 di Gelar di Taman Kota Baturaja Berlangsung Hikmat

oleh -288 Dilihat
Bupati memberikan Bendera Merah Putih

BATURAJA OKU-Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) H Kuryana Azis menjadi Inspektur Upacara Bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-73 dilaksanakan di Taman Kota Baturaja OKU, Jum’at (17/08). Acara tersebut di hadiri Wakil Bupati Johan Anuar, Ketua DPRD OKU Zaplin Ipani, Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari, Ketua Pengadilan, Sekda OKU Dr H Achmad Tarmizi, Perwakilan PT Semen Baturaja Taufik Ibrahim, Kacab Bank Sumselbabel Faisal, TP PKK, Veteran dan Undangan lainnya.

Dari pantauan wartawan Samudra.news, nampak ribuan peserta upacara memenuhi Taman Kota Baturaja OKU, mulai dari siswa-siswi yang mewakili sekolah-sekolah sekolah lanjutan atas (SLTA), Organisasi Masyarakat, Organisasi Pemuda, Anggota TNI dan Polri, serta Pegawai Negeri yang ada di Kabupaten OKU. Peringatan detik detik Proklamasi, dimulai pukul 09.30 WIB, Dipimpin langsung oleh Bupati OKU H Kuryana Azis.

Pasukan pengibar bendera Merah Putih

Sebagai wujud penghormatan, para veteran pejuang kemerdekaan Indonesia, ditempatkan di belakang Bupati, Wakil Bupati, Dandim, Kapolres dan Sekda Pemkab OKU. Kehidmatan upacara bertambah dengan iringan lagu Indonesia Raya. Komandan Kompi Letda Arm Ichsan Sobarudin, lulusan Secapa tahun 2017, dan saat ini dikesatuan menjabat sebagai Pama Yon Armed 15/105 Tarik. Sementara pembawa bendera yakni Intan Novia Ramadhona, putri ke tiga dari pasangan Lutfi Muchtar dan Sarmawati, kelahiran Baturaja 30 November 2001, anak ke 3 dari 3 saudara dari SMA Negeri 01 OKU.

Pendamping pembawa bendera yakni Andini, kelahiran Prabumulih 31 Mei 2001, anak ke 2 dari 3 bersaudara, dari SMA Taruna Tunas Bangsa, Petugas Pengibar Bendera yakni Muhammad Adhlan Assolichin, kelahiran Baturaja 21 Juni 2002, anak ke 3 dari 4 bersaudara, utusan SMK Negeri 03, Baturaja OKU. Petugas penggerek bendera yakni Mgs. Ammar Agustian Nurza, kelahiran Palembang 25 Agustus 2001, anak ke 1 dari 3 bersaudara, utusan dari SMA Negeri 01 Baturaja OKU.

Baca Juga :   RSU IBNU SUTOWO BATURAJA AKAN DIBANGUN 5 LANTAI
Bupati dan Muspida OKU

Peringatan detik-detik Proklamasi, tepat pukul 10.00 WIB, yang ditandai dengan terdengarnya bunyi sirine.  Kemudian Bupati OKU H Kuryana Azis membacakan tek Proklamasi 17 Agustus 1945 yang ditanda tangani Bung Karno dan Bung Hatta. Disela-sela selesainya upacara, Bupati OKU memberikan tropy, hadiah dan  penghargaan kepada sejumlah Aparatur Sipil Negara, Polri, Kades yang pensiun di bulan Agustus 2018.

Pada kesempatan terpisah, Bupati meminta masyarakat memaknai peringatan kemerdekaan, dengan mempupuk rasa bangga sebagai anak bangsa, dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan. Juga mengajak agar sebagai warga bangsa terus menjunjung komitmen dan senantiasa melaksanakan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme. Kita wajib selalu meningkatkan daya juang untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dalam mewujudkan masyarakat yang semakin sejehtera dan berdikari, ajaknya

Poto bersama Bupati OKU dan Muspida

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa tugas berat mengisi kemerdekaan adalah mewujudkan kemandirian disegala bidang, maka menjadi tanggung jawab kita sebagai generasi penerus untuk dapat mengukir sejarah baru yang terus berubah maju, tanpa harus mengorbankan harga diri dan jati diri.

Ditempat yang sama Kepala Bidang Kepemudaan, Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkab OKU, Iwan Setiyawan mengucapkan syukur Alhamdulillah dengan suksesnya paskibraka OKU melaksanakan tugas dengan baik. Terus terang katanya, meski ini setiap tahun dilaksanakan dan sudah ia bidangi bertahun-tahun namun perasaan gugup tetap ada seakan tak hilang. Perasaan ini hadir di detik-detik anggota Paskibraka Kabupaten OKU saat melaksanakan tugasnya. Sebenarnya mereka ini memang sudah siap dan dilatih berbulan-bulan. Namun perasaan khawatir itu merupakan hal wajar.

Paskibraka Kabupaten OKU tahun 2018, merupakan binaan dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga H Topan Indra Fauzi, sedangkan tim panitia terdiri dari para pelatih Kodim 0403/OKU, Polres OKU, Dodiklatpur Rindam II/Sriwijaya. Pendamping pelatih yakni Purna Paskibraka OKU dan Tim kesehatan dari dinas kesehatan OKU serta UPTD Puskesmas Lubuk Batang, Kecamatan Lubuk batang, Kabupaten OKU. Pungkasnya (yudi)