Sekda Gelar Rapat Pembinaan DWP OKU dan Sosialisasi Penyakit Kaki Gajah

oleh -41 views
Peserta sosialisasi penyakit kaki gajah

BATURAJA OKU-Pemkab OKU dalam hal ini Darma Wanita Persatuan (DWP) yang diketuai Hj. Susmadiana Tarmizi menggelar Rapat Pembinaan dan gencarkan sosialisasi penanganan penyakit Kaki Gajah atau Filariasis.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH, dan dihadiri juga oleh Ketua DWP OKU serta jajaran keangotaan Dharma Wanita Persatuan OKU dan jajaran Pemkab OKU di Ruang Rapat Abdi Praja Pemkab OKU, Kamis (24/10/2019.

Sekda OKU  Achmad Tarmizi yang baru saja menambah gelar Insinyur dari Universitas Lampung (Unila) sebagai penasehat DWP Kabupaten OKU mengharapkan dukungan kepada Kabag dan Kasubag di lingkungan Setda OKU untuk dapat lebih bersinergi dalam kegiatan DWP.

Penyakit kaki gajah atau disebut lymphatic filariasis disebabkan oleh cacing filaria yang menginfeksi kelenjar getah bening. Cacing ini masuk ke tubuh manusia dengan perantara nyamuk.

Sekda mensosialisasikan penyakit kaki gajah

Dalam rangka pencegahan tersebut, Dinas Kesehatan Pemkab OKU bekerjasama dengan DWP melakukan bulan program eliminasi kaki gajah dengan membagikan obat filariasis secara gratis dan diharapkan kepada Anggota DWP OKU untuk menyampaikan kepada seluruh warga dilingkungannya masing-masing untuk minum obat pencegahan Filariasis secara teratur.

Masyarakat OKU wajib meminum obat secara teratur yang telah di bagikan oleh Dinas Kesehatan, “Lebih baik mencegah dari pada mengobati”.

Ditambahkan Sekda Achmad Tarmizi, langkah untuk menekan kasus filariasis, masyarakat harus mengkonsumsi obat Ivermectin, DEC, Albendazole (IDA). Untuk itulah sosialisasi melalui Dinkes OKU harus terus dilakukan, ujarnya.

Dilanjutkannya, proporsi mengkonsumsi obat bisa memutus penularan kaki gajah. “Semakin besar proporsi minum obat, semakin besar peluang untuk memutuskan rantai penularan,” pungkasnya (yudi).

Baca Juga :   Sekda OKU Hadiri Pisah Sambut Pengurus HMI & Kohati Baturaja