Bupati OKU Resmikan PDAM Tirta Raja IKK Lubuk Raja

oleh -308 Dilihat
Bupati OKU, Kajari OKU, Kapolres OKU, dan PU Sumsel

BATURAJA OKU-Senyum sumringah Bupati OKU, H Kuryana Azis usai meresmikan operasional PDAM Tirta Raja IKK Lubuk Raja  di Desa Lekis Jaya Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita di pintu masuk pengelolaan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) serta pembukaan meteran air pelanggan disalah satu pelanggan air minum Desa Lekis Jaya Kecamatan Lubuk Raja, Senin (21/01).

Bupati OKU didampingi Dirut PDAM OKU

Dari pantauan media peresmian tersebut disaksikan Dirut PDAM Tirta Raja OKU H. Abi Kusno, SE, Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari, Kajari OKU Bayu Pramesti, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Dennie Arsan Fatrika, Kasdim 0403/OKU Mayor TNI Sukriyanto, Anggota DPRD OKU, Kacab Bank Sumsel Babel, Kepala Pabrik PT Semen Baturaja, Sekda OKU Dr H. Achmad Tarmizi, Para Asisten, Kepala OPD, Ketua DWP OKU, Satker Pengembangan Air Minum dan Sanitasi Sumsel dan undangan lainnya.

Dalam peresmian PDAM Tirta Raja Lubuk Raja, Bupati Kuryana Azis melihat langsung sarana dan prasarana pengelolaan jalannya operasional dan meteran aliran air berfungsi baik. Kondisi air terlihat lebih jernih dibanding air hasil olahan PDAM Tirta Raja yang ada di Kota Baturaja OKU. Dilanjutkan Bupati OKU, pelayanan air bersih adalah pelayanan umum dasar yang harus dipenuhi Pemkab OKU sesuai dengan janji kampayenya waktu itu.

Dia bersyukur, Kecamatan Lubuk Raja telah resmi menikmati layanan air bersih dari PDAM Tirta Raja. Ingat Lubuk Raja sewaktu menemui warga saat kampanye, keluhan warga Lubuk Raja selain harga karet, infrastruktur berupa jalan dan yang sangat prioritas adalah kesulitan dalam akses air bersih. Salah satu janji kampaye yang sudah kita tepati adalah “Penyediaan Air Bersih” hari ini patut kita Syukuri, nikmat Allah begitu besar. Akhirnya PDAM Tirta Raja Lubuk Raja bisa hadir dan memberikan layanan, ujar dia.

Baca Juga :   Bupati OKU Gelar Safari Ramadhan Di Masjid Al-Falah Lubuk Batang
Bupati, Kapolres, Dirut PDAM tinjau lokasi

Bupati OKU memberikan apresiasi besar kepada pemerintah khususnya Satker Pengembangan Air Minum dan Sanitasi Provinsi Sumatera Selatan yang telah membangun IPA dan Jaringan Distribusi di Kabupaten OKU serta program-program lainnya seperti Sanimas. Menurut dia, infrastruktur tersebut sangat strategis dan penting. Ini menunjukkan negara hadir ditengah-tengah masyarakat, negara memberikan perhatian kepada Kabupaten OKU. Dan ini sesuai Nawacita Presiden Joko Widodo alias Jokowi, jelasnya.

Bupati berharapan, PDAM Tirta Raja terus berkomitmen menghadirkan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat. Dia meminta pelayanan PDAM Tirta Raja OKU kedepannya tidak lagi mengecewakan. Adalah tanggung jawab PDAM memberikan kenyamanan pelayanan air bersih bagi warga. Kedepannya harus berkurang aduan masyarakat terkait pelayanan air bersih ini, tuturnya.

Bupati bersama Dirut PDAM usai tinjau lokasi

H Kuryana Azis menyarankan agar PDAM berkesinambungan melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Satker Pengembangan Air Minum dan Sanitasi Provinsi Sumatera Selatan. Ataupun dengan pihak yang memiliki kapabilitas menghadirkan pelayanan dasar air bersih di Kabupaten OKU. Insya Allah kita usulkan juga wilayah lain mendapatkan kesempatan yang sama. Karena ini pelayanan dasar, kata Bupati.

Bupati menambahkan, Kabupaten OKU baru-baru ini mendapatkan Piala Adipura yang kedua kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta mendapatkan juga penganugrahan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Perolehan tersebut tentunya memerlukan kerja keras dari semua pihak, dahulu kita diingatkan oleh beberapa orang Pemkab OKU jangan tertidur, Alhamdulilah kita diingatkan dan berhasil mengejar ketertinggalan yang pernah Kabupaten/Kota lannya.

Dirut PDAM Tirta Raja, H. Abi Kusno, SE

Ditempat yang sama Direktur PDAM OKU, H. Abi Kusno, SE mengatakan PDAM OKU mendapat dukungan dari Pemerintah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu. Bantuan oleh Satker PKPAM yang sekarang menjadi Satker Pengembangan Air Minum dan Sanitasi Provinsi Sumsel. Pengerjaan PDAM Lubuk Raja dimulai tahun 2018 dan  Alhamdulilah seselai sesuai dengan rencana. Masyarakat diharapkan menjaga, mengawasi dan harus menikmati program Pemkab OKU tentang air bersih. Ini adalah salah satu janji kampaye Bupati OKU H Kuryana Azis bersama Wakil Bupati OKU Johan Anuar, ujarnyo.

Baca Juga :   SIDANG PARIPURNA LPJ BUPATI OKU TAHUN ANGGARAN 2017 DISEPAKATI DPRD

Direktur PDAM Tirta Raja Abi Kusno menjelaskan, hingga saat ini, sudah ada ratusan sambungan rumah yang dilayani PDAM Lubuk Raja dan mareka menyampaikan kepuasannya terhadap sarana dan prasarana air bersih yang telah mareka nikmati dan Alhamdulillah secara kualitas air yang dinikmati termasuk kategori sangat baik untuk dikonsumsi berdasarkan hasil uji laboraturium yang telah dilakukan, Pungkasnya (Adv/Samudra.News).