SIDANG PARIPURNA LPJ BUPATI OKU TAHUN ANGGARAN 2017 DISEPAKATI DPRD

oleh -44 views
Kesepakatan Ketua DPRD dan Bupati OKU

BATURAJA OKU-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Zaplin Ipani mengetok palu dalam sidang paripurna LPJ Bupati OKU menyatakan sepakat dan menyetujui atas Laporan Hasil Pembahasan dan Penelitian Pansus terhadap Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Ogan Komering Ulu Tahun anggaran 2017, Minggu (29/07).

Laporan Pertanggungjawaban Bupati OKU H Kuryana Azis ini disetujui, setelah tiga Panitia Khusus (Pansus) yang terdiri dari beberapa orang anggota DPRD OKU beserta beberapa instansi melakukan penelitian terhadap laporan Bupati OKU tersebut. Pansus satu dan tiga yang dibacakan oleh anggota DPRD OKU Feri Rizki dan Mulawarman menyatakan sepakat dan menyetujui laporan pertanggung jawaban Bupati.

Tandatangan Ketua DPRD OKU Zaplin Ipani

Disampaikan juga beberapa hal termasuk masalah kerjasama antara lembaga yang ada di OKU agar lebih intens dalam berkoordinasi guna mencapai visi dan misi Kabupaten OKU yang Maju dan Gemilang. Kemudian Pansus dua yang dibacakan oleh Robi Vitergo mengatakan berdasarkan hasil rapat anggota DPRD OKU Pansus dua juga menyetujui Laporan Bupati OKU, Namun Pansus dua meminta Bupati agar memberikan himbauan atau sosialisasi yang lebih tegas lagi kepada masyarakat khususnya dipinggiran Sungai Ogan.

Mengingat Sungai Ogan di OKU sudah sangat terancam tercemar akibat ulah masyarakat membuang sampahnya ke sungai Ogan. Solusinya mohon Bupati agar ke depannya mobil sampah diperbanyak dan setiap desa diberikan mobil sampah agar masyarakat tidak lagi membuang sampahnya ke sungai, ujarnya.

Bupati OKU Tandatangani Kesepakatan

Dalam laporan yang disampaikan Bupati H Kuryana Azis di hadapan anggota DPRD menerangkan, tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten OKU tahun 2016 sampai dengan tahun 2021 yang merupakan pertanggungjawaban Bupati untuk periode ke II tahun tersebut. Mengingat tahun anggaran 2017 sudah berakhir, maka saya sebagai kepala daerah berkewajiban untuk melaporkan LPJ tahun 2017 melalui Sidang Paripurna di hadapan DPRD, jelas Bupati OKU.

Baca Juga :   Bupati dan DPRD Sepakati KUPA dan PPAS Perubahan APBD OKU Tahun 2019

Tak hanya itu saja yang disampaikan Bupati H Kuryana Azis dalam LPJ-nya di hadapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten OKU, namun dia juga menjelaskan tentang keberhasilan pembangunan program perioritas yang telah  terlaksana dengan baik dan beberapa penghargaan yang didapat Kabupaten OKU diantaranya Piala Adipura, WTP dan banyak lagi yang lainnya.

Anggota DPRD Serahkan Dokumen

Program prioritas Pemkab OKU dalam pembangunan jangka menengah antara lain, penguatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan kaulitas insfrastruktur dasar, peningkatan konservasi lingkungan dan tata kelola pemerintahan yang baik. Bukan hanya itu saja, LPJ yang disampaikan Bupati OKU dihadapan DPRD, tapi Bupati juga menjelaskan tentang program-program perioritas yang lainnya. LPJ tersebut terangkum atau tersusun dalam buku yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, kata Bupati.

Dipaparkannya, keputusan bersama antara Pimpinan DPRD OKU terhadap Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten OKU Tahun Anggaran 2017, merupakan upaya konkrit untuk mewujudkan Good Government Governance penyelenggaraan Negara. Pengelolaan Keuangan Negara/Daerah harus diselenggarakan secara profesional, transparan dan bertanggungjawab sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dalam pengelolaan keuangan negara atau daerah.

Unsur Muspida OKU Yang Menghadiri Sidang

Pada kesempatan ini saya berterima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota dewan yang terhormat, fraksi, pansus dan lainnya, yang telah memberikan pokok-pokok pikiran, tanggapan, saran dan kritik secara positif dan konstruktif, melalui Rapat Penetapan Jadwal, Pembahasan dan Penelitian bersama mitra kerja terkait. Sehingga, pembahasan terhadap laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten OKU tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Pungkasnya. (yudi)