Home / Adv / Pemkab OKU Menggelar Pasar Bedug Selama Bulan Suci Ramadhan 1440 H

Pemkab OKU Menggelar Pasar Bedug Selama Bulan Suci Ramadhan 1440 H

Kacab Bank Sumsel babel dan Bupati OKU

BATURAJA OKU-Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah/2019 M, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Dinas Koperasi dan UMKM menggelar Pasar Bedug selama bulan Ramadhan di area Taman Kota Baturaja-OKU, Senin (06/05).

Pasar bedug itu digelar selama satu bulan. Mulai dibuka pukul 15.00 WIB hingga menjelang waktu berbuka puasa. Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis secara resmi membuka pasar bedug secara simbolis dengan pengguntingan pita, dilanjutkan dengan meninjau langsung berupa jajanan atau makanan yang di jual di pasar bedug tersebut.

Kepala Disperidag Kabupaten OKU Ir Joni Amran dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan pasar bedug ini merupakan sebuah tradisi bagi umat Islam dalam menyambut dan memeriahkan datangnya bulan suci Ramadhan yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun. Sekaligus memberikan peluang usaha kepada masyarakat untuk membantu yang lainnya.

Mudah-mudahan dengan diadakannya pasar bedug ini dapat membantu masyarakat yang beragama Islam, khususnya masyarakat muslim di Kota Baturaja dan sekitarnya, yang tengah menjalankan ibadah puasa dalam memenuhi kebutuhan makanan siap saji guna keperluan ibadah puasanya.

Adapun jumlah pedagang yang mengikuti pasar bedug sebanyak 150 pedagang, dan akan berlangsung selama satu bulan ramadhan. Tempat disediakan secara gratis, bebernya.

Sementara itu Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis dalam sambutannya mengatakan, disamping untuk memberi kemudahan bagi masyarakat muslim Kota Baturaja dan sekitarnya untuk mendapatkan kebutuhan selama menjalankan ibadah bulan mulai ini, kegiatan pasar bedug ini juga diharapkan dapat memberikan  manfaat bagi para pedagang makanan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dengan adanya pasar beduk yang merupakan pasar musiman ini, maka diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana mencari rejeki dan membuka lapangan pekerjaan dengan berdagang. Kuryana Azis mengimbau kepada para pedagang kuliner saat menjual dagangannya, jangan menjual barang yang sudah kadaluarsa, kemudian hindari berbagai bahan pewarna yang mengandung zat berbahaya dan setiap pedagang harus menjual dagangannya dengan harga yang wajar.

Baca Juga :   Heru Prayogo Raih Suara Terbanyak Dari Caleg Provinsi Partai Golkar Se-Dapil Sumsel

Kepada para sponsor juga saya ucapkan terima kasih atas terselenggaranya pasar bedug ini,  tutur Kuryana Azis. Selanjutnya Kuryana mengajak kepada semua masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan terutama kepada para pedagang di pasar bedug. “Mari kita sama-sama tetap menjaga kebersihan,

Dalam kesempatan itu pula, Kuryana didampingi Istri menyempatkan diri untuk mantau lapak dan juga membeli barang dagangan yang dijual pedagang. Dari pantauan media Bupati, Sekda, Ketua TP PKK, Ketua DWP, Kapolres, Dandim dan instansi terkait lainnya mendatangi  pedagang satu persatu untuk melihat dan membeli takjil dan makanan yang dijajakan penjual sehingga memperoleh penghasilan tambahan. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan pasar ramadhan ini Insya Allah dapat memberikan manfaat dunia akhirat.

Kami menghimbau kepada para pedagang di pasar bedug untuk senantiasa menjaga kualitas dagangannya baik menyangkut kebersihan, keamanan penggunaan bahan yang digunakan pada makanan, memenuhi standar gizi yang baik serta terjamin higienisnya.

Seperti jangan menjual jenis makanan yang sudah kadaluarsa/basi, yang mengandung bahan berbahaya seperti boraks, formalin dan lainnya. Usahakan bahan yang di jual dalam kondisi masih segar, panas dan layak dikonsumsi, Pungkasnya. (Adv/yudi)

 

 

Tentang redaktur pelaksana

Previous Teddy Meilwansyah, Terpilih Sebagai Ketua DPK-IKAPTK Kabupaten OKU
Next Pemkab OKU Melaksanakan Safari Ramadhan di Kecamatan Pengandonan

Baca juga

Heru Prayogo Raih Suara Terbanyak Dari Caleg Provinsi Partai Golkar Se-Dapil Sumsel

PALEMBANG-Setelah melewati penghitungan yang panjang, berdasarkan data C1 pleno KPU Provinsi Sumsel, Wakil Ketua Partai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *