IPSI OKU Gelar Rapat Kerja dan Berharap Lahirnya Pesilat Tangguh Dari OKU

oleh -69 views
Dr H Achmad Tarmizi pimpin Raker IPSI

BATURAJA OKU-Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar rapat kerja perdana terkait program kerja 2018-2022 di Ruang Abdi Praja Pemkab OKU, Raker IPSI tersebut dihadiri Pengurus dan Angota se-Kabupetan OKU. Dari pantauan acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua IPSI periode 2018-2022 Dr H Achmad Tarmizi, Heryamin, Ashari dan undangan lainnya, Selasa (25/09).

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini ialah untuk menyusun program yang akan dilaksanakan oleh pengurus ke depannya dalam rangka mengembalikan nilai utama dari pencak silat yang merupakan warisan leluhur termasuk nilai persatuan, kebersamaan dan sikap gotong royong, kata Ketua Panitia Pelaksana Raker IPSI Heryamin di Baturaja OKU. Didalam rapat tersebut selain pembagian SK dan susunan kepengurusan kedepannya, ujar Camat Baturaja Barat.

Salah satu anggota menyampaikan saran

Ditambahkannya, hal-hal yang dibahas antara lain perencanaan dan penyusunan Program-program kerja IPSI kedepan, visi dan misi, pendidikan dan kepelatihan serta perwasitan, pembinaan atlit, target-target mengejar prestasi memperoleh juara, anggaran yang dibutuhkan, kantor sekretariat IPSI dan “Team Work” solid dalam kepengurusan IPSI yang baru di bawah kepemimpinan Dr H Achmad Tarmizi yang sehari-harinya menjabat Sekda Pemkab OKU.

Ia mengatakan pembahasan kegiatan yang dihadiri pengurus dan ranting di 13 kecamatan di Kabupaten tersebut dibagi atas dua komisi yang perlu menyampaikan pemikiran mereka masing-masing untuk peningkatkan kinerja IPSI. Komisi pertama ialah terdiri atas biro organisasi, lembaga-lembaga serta humas dan komisi dua berasal dari litbang, pelatihan dan seni budaya, katanya.

Ketua IPSI sedang pimpin rapat kerja

Sementara Ketua Umum IPSI Kabupaten OKU mengatakan, fokus utama program IPSI pada 2018 yang pertama ini ialah terkait konsolidasi kepengurusan ranting-ranting IPSI di tingkat kecamatan Kabupaten OKU. Achmad Tarmizi menyampaikan program ke depannya perlu untuk menghidupkan kembali padepokan silat yang ada di seluruh wilayah OKU hingga ke desa-sesa.

Baca Juga :   Polres OKU Gelar Apel Kesiapan Pelantikan Presiden & Wapres RI Terpilih

Dilanjutkannya, bahwa tugas berat yang pertama kali harus dilakukan didalam era kepemimpinannya yaitu membenahi dan menguatkan IPSI dari dalam terlebih dahulu. IPSI OKU yang sekarang harus jauh lebih baik, lebih kompak dan lebih berkembang lagi guna menggapai cita-cita agar tercapainya prestasi yang diinginkan dimasa yang akan datang, harapnya.

Suasana rapat kerja IPSI OKU

Pondasi yang kokoh sangat dibutuhkan oleh organisasi IPSI OKU, makanya dalam rapat kerja IPSI  Achmad Tarmizi juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan ada pelantikan kepengurusan IPSI yang baru, namun waktu dan tempatnya masih dirahasiakannya. Dari pantauan raker IPSI, antusias para peserta dalam mengikuti rapat kerja pengurus IPSI sangat bersemangat, itu terlihat dengan banyaknya peserta yang mengutarakan ide-ide cemerlangnya demi kemajuan IPSI kedepannya.

Atau rapat kerja IPSI ini dipimpin oleh orang nomor satu di ASN Pemkab OKU dan mungkin  juga dikarenakan gaya kepemimpinan Ketua Umum yang baru dengan cara yang pelaksanaanya secara demokrasi dan terbuka. Seluruh peserta bebas mengutarakan kritik dan saran yang membangun, tentunya kesemua itu demi kemajuan IPSI OKU. IPSI juga perlu memperhatikan prestasi, sebagai bagian memotivasi seluruh Kecamatan lainnya di Kabupaten OKU untuk menghidupkan kembali kegiatan silat dalam kehidupan masyarakat dan Pemkab OKU telah berusaha melakukan pembinaan agar nantinya Pencak Silat bisa menjadi tradisi lagi bagi masyarakat di Bumi Sebimbing Sekundang, pungkasnya (yudi).