MUHAMMAD GIKO PRATAMA, 5 BESAR LULUSAN TERBAIK IPDN PERTAMA DARI OKU

oleh -154 views
Presiden sematkan pangkat ke M Giko Pratama

SUMEDANG-Bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten OKU ke-108,  Sekda OKU Dr H Achmad Tarmizi menginformasikan bahwa Muhammad Giko Pratama alumni SMA Negeri 1 Baturaja OKU tahun 2013. Diterima di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor-Jawa Barat Angkatan XXV. Dari sebanyak 1.456 Praja Muda IPDN yang dilantik, Putra sulung Anggota DPRD OKU dari Partai Bulan Bintang H Malkomar Du’i dengan Elis Gitta Hendriyeni (Lisa Malkomar) termasuk 5 (lima) Praja Muda lulusan terbaik yang disematkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Jumat (27/07)

Terlihat raut bahagia dari ribuan purna praja yang diwisuda langsung oleh Rektor IPDN Prof Ermaya Suradinata, tak terkecuali para orangtua yang mendampingi mereka.  Orangtua yang terlihat paling bahagia adalah H Malkomar Du’i (Anggota DPRD OKU dari Partai Bulan Bintang), Beralamat di desa Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur-OKU bersama isterinya  Elis Gitta Hendriyeni. Sebab, putra sulung mereka Muhammad Giko Pratama merupakan lulusan Terbaik IPDN 2018 (Manggala Pati) dan lulusan IPDN pertama dengan predikat terbaik dari Kabupaten OKU.

M Giko Pratama dan Keluarga

Ketika Samudra.news menghubungi via telepon selulernya, Malkomar Du’i terkesan tak kuasa menahan rasa haru. Hanya berkomentar singkat “Alhamdulillah” anak sulungnya yang biasa dipanggil Giko mendapat predikat terbaik “Manggala Pati” dari lima purna praja di kampusnya IPDN Jatinangor-Jabar. Malkomar pun dengan mengucapkan rasa syukur, karena bertepatan dengan HUT Kabupaten OKU yang ke-108, sebagai wisudawan terbaik yang disematkan langsung oleh Presiden RI, tentu merupakan kebanggaan tersendiri, maklum yang pertama diterima oleh putra OKU dan yang ke dua di Provinsi Sumatera Selatan, ujarnya.

Setelah wisuda kemarin, pelantikan atau pengukuhan purna praja diselenggarakan di Lapangan Parade IPDN Jatinangor, hari ini, Jumat (27/07), yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Sekali lagi Malkomar mengucapkan Alhamdulillah…, anak sulungnya dapat membawa nama baik Provinsi Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten OKU. Ini dibuktikan oleh Muhammad Giko Pratama atas prestasinya di IPDN sebagai lulusan terbaik.

Baca Juga :   HUT OKU Ke-109, Bupati dan Warga Dzikir Bersama
Muhammad Giko Pratama

Sambutan Presiden RI di IPDN, Pada kesempatan yang berbahagia ini atas nama pribadi, masyarakat bangsa dan negara, Presiden sampaikan selamat atas pelantikan saudara-saudara sebagai Pamong Praja Muda, katanya. “Selamat menyandang status baru dengan segala hak dan kewajiban yang melekat padanya,” kata Jokowi dalam sambutannya. tambahnya. Jokowi mengaku mengerti dengan perjuangan IPDN meraih kelulusan tersebut. Mereka harus melalui ketatnya saringan masuk mulai dari daerah sampai ke pusat. Ia pun mengaku paham akan perjuangan berat lulusan Pamong Praja tersebut saat menjadi Praja IPDN yang harus mengalami gemblengan di kampus.

Presiden juga sangat paham bahwa ketahanan mental dan fisik saudara sangat lah prima karena gemblengan tadi. Kebangsaan dan ke-Indonesiaan saudara-saudara tidak bisa diragukan lagi dan kecakapan menjadi harapan masyarakat untuk melayani masyarakat dan untuk mendorong kesejahteraan rakyat, tuturnya. Pelantikan ini, bukan semata kenaikan status, namun peneguhan kewajiban dan tanggung jawab para pamong praja. Saudara harus menjadi pamong praja yang mengabdi pada negara, saudara-saudara harus menjadi pamong praja yang menjaga Pancasila, yang mengingatkan kesejahteraan seluruh rakyat yang mengantarkan dan mendorong kemajuan kejayaan Indonesia, jelasnya.

Ucapan Selamat Dari Presiden RI

Untuk itu, Jokowi meminta para pamong praja untuk menunjukkan prestasi yang melayani rakyat dengan menunjukkan loyalitas dan integritas kepada masyarakat dan bangsa. Tunjukan kecerdasan kecepatan dan ketangkasan untuk menghadapi perubahan zaman. Tunjukan kemampuanmu untuk memberikan rasa keadilan dan rasa kesejahteraan jadi pamong praja akan membuka ladang pengabdian, pengabdian untuk ideologi kita Pancasila, untuk NKRI konstitusi kita serta Bhineka Tunggal Ika serta Indonesia maju semakin jaya, pungkasnya. (yudi)