Achmad Tarmizi Guru Honorer Jadi Sekda OKU, Semoga Masuk 3 Besar ASN Teladan Nasional.

oleh -46 Dilihat
Sekda bersama Tim penilai dari KemenpanRB

BATURAJA OKU-Pemkab OKU boleh berbangga karena salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang saat ini menjabat sebagai Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH ditahap dua ia masuk “10 Besar Nasional Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan” bisa menginspirasi seluruh ASN di tanah air.

Pada kenyataannya banyak diantara mereka yang bekerja dengan totalitas tinggi, menciptakan karya hebat bahkan memberikan dampak yang luar biasa. Bahkan Sekda OKU diluar kegiatan rutinnya sebagai orang nomor satu di Pemkab OKU, ia juga Ketua 10 organisasi diluar pemerintahan.

Dari ke 10 organisasi non pemerintahan tersebut, seabarek jabatan Achmad Tarmizi diantaranya Ketua Forum Sekda se-Sumatera Selatan, Ketua PGRI, Ketua Korpri, Ketua Pramuka, Ketua IPSI, Ketua FKUB, Ketua Perhiptani, Ketua ICMI, Ketua Pembina BKPRMI dan Komisaris BPR Baturaja.

KemenpanRB disambut tari selamat datang

Setelah siang tadi ketua verifikasi anugrah PPT Pratama Teladan Andi Junjungan dan jajarannya di ruang kerja Sekda OKU, malamnya dilanjutkan dengan acara ramah tamah ke kediaman pribadi Achmad Tarmizi, Senin (28/10/2019).

Dari pantauan media Samudra.News acara tersebut dihadiri Staf Ahli Bupati, Kaban BKPSDM Mirdaili, SSTP, MSi, Kadisdik OKU H. Teddy Meilwansyah, SSTP, MM, Kadis Sosial Syaiful Kamal, para Kabag, Direktur Operasional BPR Baturaja Ir. Fitriyadi Suhendar dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Achmad Tarmizi menyampaikan, ia tidak menyangka yang kerja kawan-kawan, namun yang bakal menerima penghargaan adalah Sekda OKU. Dilanjutkannya masuk 10 besar saja sudah diluar batas kemampuan.

Rapat dengan Tim Verifikasi Kemepan RB

Ia kemudian menceritakan pertama kali menjadi guru honorer di enam sekolah swasta. Kemudian jam mengajarnya mencapai 59 jam. Memang sangat luar biasa pada waktu itu. Kendaraan yang dipergunakan yakni motor Honda Astrea.

Baca Juga :   Sekda Gelar Rapat Pembinaan DWP OKU dan Sosialisasi Penyakit Kaki Gajah

Pada waktu itu tidak ada penerimaan ASN jurusan Teknik Mesin, Alhamdulillah sewaktu ada pengumuman CPNS ada jurusan Teknik Mesin yang dibutuhkan hanya satu orang, sedangkan pelamar sebanyak 500 yang mengikuti test dan yang dinyatakan lulus hanya saya, ujarnya.

Sejak dinyatakan diterima sebagai PNS waktu itu, ia berangkat kerja pulang pergi selama dua tahun dari Baturaja ke tempat mengajar sejauh 159 kilometer mulai dari Peninjauan, Sukapindah. Setelah menjalani selama dua tahun ia mengusulkan pindah mengajar, maklum tidak kuat bolak balik dalam kerjanya.

Usai rapat dengan tim verifikasi Kemenpan RB

Achmad Tarmizi menjalani dinas pendidikan selama 10 tahun, menjabat Kepala SMK 3 selama 10 tahun. Di SMK ia menjadi Kepala Sekolah Teladan Nasional. Karena berprestasi, akhirnya Bupati pada waktu itu H. Eddy Yusuf, SH, MM memasukannya ke bidang struktural Pemkab OKU.

Dari desas desus yang ia terima Achmad Tarmizi digadang-gadang maju sebagai Calon Wabup bahkan Calon Bupati, namun demikian ia belum tertarik. Bahkan menurutnya dengan bekal ilmu yang diperolehnya hingga mencapai golongan 4E beliau bercita-cita akan kembali kehabitatnya ke jalur pendidikan perguruan tinggi.

Sepertinya ia belum cocok terjun ke politik, selama mengenyam pendidikan di sekolah Achmad Tarmizi selalu rengking 1 sampai 3. Ketemu jodoh dengan mantan pacarnya saaat ini waktu menjabat sebagai Ketua Pramuka putra dan istri menjabat Ketua Pramuka Putri.

Sekda dgn Ketua Tim Verifikasi KemenpanRB

Dari pernikahan dengan Hj. Susmadiana, SPd, SMn, MSi. Lahirlah putri sulung bernama Yonissa Qamilla Intan Atazsu, ST, MSi, dr. Mohammad Riedho Cahya Atazsu, SH. Dan yang bungsu Mohammad Riezqy Cahya Atazsu saat ini menempuh pendidkan Akademi Militer TNI AD di Magelang Jawa Tengah.

Ditempat yang sama team penilai Anugerah ASN PPT Teladan nasional Andi Junjungan mengatakan, ini merupakan salah satu langkah untuk mendapatkan sosok ASN panutan, yaitu ASN yang telah menunjukkan kinerja dan prestasi kerja sangat baik, bahkan melampaui panggilan tugasnya.

Baca Juga :   Sekda OKU: Dengan Wisuda Ini Kalian Dituntut Berpikir Kreatif, Inovatif & Tanggung Jawab.

Verifikasi penilaian ini merupakan ajang silaturahmi KemenPanRB, dikantor maupun di rumah Pak Sekda OKU selalu memajang kata-kata inspiratif “PERJALANAN KITA” ini sangat bermakna sekali bagi kita semua, terangnya.

Malam ramah tamah dgn tim KemenpanRB

Kemudian untuk tahap berikutnya Sekda OKU akan kami undang ke Jakarta untuk wawancara oleh team juri yang kredibel dan disiarkan langsung melalui TVRI Nasional. Tim anugrah ASN mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dari Achmad Tarmizi dan keluarga.

In Syaa Allah OKU akan menjadi Kabupaten yang terbaik, menurutnya perubahan hanya tiga karakter yang mempengaruhinya untuk menjadi yang terbaik yakni ”Sistem, Budaya dan Kepemimpinan”.

Untuk kategori PPT Teladan, mekanisme pengusulannya dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan/atau Pejabat Berwenang. Dari usulan yang masuk, telah dipilih 10 nomine PPT Teladan. Nantinya dipilih tiga orang terbaik dari yang baik, atau best of the best berdasarkan penilaian objektif dewan juri. “Semoga Sekda OKU menjadi yang terbaik nasional”, pungkasnya (yudi).