Home / Adv / Jawaban Bupati H. Kuryana Azis Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD OKU

Jawaban Bupati H. Kuryana Azis Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD OKU

Bupati jawab pandangan umum fraksi dprd

BATURAJA OKU-Setelah sehari sebelum tujuh Fraksi DPRD Kabupaten OKU menyampaikan pandangan umum atas rancangnan peraturan daerah tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018, maka hari ini Bupati OKU HDrs. H. Kuryana Azis, menyampaikan jawaban Pemerintah Kabupaten atas pandangan umum dari masing-masing fraksi, Rabu (15/05)

Bupati OKU Kuryana Azis memberi jawaban atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD OKU setelah sebelumnya disampaikan oleh tujuh Fraksi DPRD terhadap LPJ Bupati Tahun Anggaran 2018. Jawaban Bupati disampaikan pada acara Rapat Paripurna DPRD OKU dengan acara jawaban Bupati OKU atas pemandangan umum fraksi-fraksi di DPRD OKU di ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKU.

Kepala OPD Pemkab OKU

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OKU Zaplin Ipani, SE dengan didampingi unsur pimpinan DPRD lainnya. Hadir pada rapat, Wabup Drs. Johan Anuar, SH, MM, Sekda OKU yang diwakili Asisten II Fahruddin Rozi, Sekwan A Karim, MT, unsur Muspida, Kepala OPD, Kabag, para Camat dan Tomas, Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan serta undangan lainnya.

Bupati Kuryana Azis, secara rinci menyampaikan satu persatu jawaban pemandangan umum dari Fraksi-Fraksi yang ada di DPRD OKU. Di antaranya dari Fraksi Golkar yang dibacakan Ir. H. Syaifuddin, AB terkait upaya meningkatkan pendapatan daerah tentunya akan menjadi pendorong semangat bagi jajaran Pemkab OKU untuk terus berupaya mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan daerah dan menggali sumber alternatif penerimaan daerah di Kabupaten OKU.

Kabag Persidangan dan Staf DPRD OKU

Terhadap usul saran Anggota DPRD dapat disampaikan sebagai berikut : Perlunya penambahan angkutan sampah, kami perhatikan dan akan dipertimbangkan dalam tahun anggaran mendatang sesuai kemampuan keuangan daerah. Perbaikan lampu penerangan jalan yang dinilai rawan kriminalitas, akan ditindaklanjuti oleh dinas terkait. Menyangkut aspirasi masyarakat Sukajadi terhadap PT Semen Baturaja, pada prinsipnya Pemkab OKU sangat mendukung aspirasi tersebut dan sependapat dengan DRPD, ujarnya.

Baca Juga :   396 SURAT SUARA RUSAK DAN LEBIH PILGUB SUMSEL DIMUSNAHKAN KPUD OKU

Jawaban terhadap pandangan umum Fraksi Demokrat yang disampaikan juru bicaranya Yopi Sahrudin, SSos disampikan sebagai berkut : Terima kasih atas apresiasinya terhadap upaya peningkatan sumber-sumber PAD yang telah dilakukan pemerintah. Sesungguhnya keberhasilan peningkatan PAD tersebut adalah buah hasil kerjasama antara Pemkab dan DPRD OKU.

Perlu kami kemukakan bahwa sejak beberapa tahun terakhir, Pemkab telah melakukan beberapa langkah pembenahan sistem pengelolaan anggaran diantaranya : Pemberlakuan skala prioritas anggaran dalam belanja kegiatan setap OPD, Pengutan sistem evaluasi kinerja pengelolaan anggaran OPD, Pengawasan dan pertanggungjawaban program dan kegiatan OPD lebih dimaksimalkan. Langkah tersebut sudah diterapkan sehingga Pemkab mampu meraih WTP untuk ke-4 kalinya.

Bupati dan pimpinan sidang paripurna

Jawaban terhadap Fraksi PDIP gabungan dengan juru bicarnya H Azuzandri, SH dapat kami kemukakan. Pemkab mengucapkan terima kasih atas perhatian Anggota DPRD terhadap adanya penurunan capaian PAD tahun 2018 dibandingkan tahun 2017. Pendapatan mengalami peningkatan namun prosentase tidak memenuhi target. Tahun mendatang akan dilakukan optimalisasi secara menyeluruh terhadap potensi sumber PAD.

Jawaban terhadap pandangan umum Fraksi PAN dengan juru bicara Joni Awaludin dapat dijelaskan sebagai berikut : Target pendapatan tentunya akan menjadi perhatian serius bagi kita semua, khususnya pada Pajak dan Retribusi daerah dengan cara : Mengefektifkan sistem pemungutan pajak dan retribusi daerah menurut ketentuan yang telah ditetapkan. Melakukan analisa penetapan target secara cermat sesuai dengan potensi sumber pendapatan yang ada. Sosialisasi dan pengawasan serta penegakan aturan.

Para Kabag, Camat dan undangan lainnya

Tidak tercapainya target pendapatan dari jasa giro, sangat terkait dengan kebijakan pemerintah pusat yang melakukan pembatasan terhadap kas daerah yang ada di Bank. Sedangkan untuk peningkatan deviden tentunya harus disertai dengan upaya peningkatan jumlah penyertaan modal daerah pada Bank Sumselbabel. Untuk pengangkatan Kepala Dinas Kesehatan sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Menteri Pan RB dan lembaga negara RI lainya. Hasilnya yang memperoleh nilai tertinggilah serta berpengalaman yang diangkat menjadi pejabat tersebut.

Baca Juga :   Bupati OKU Hadiri Perayaan Hari Raya Paskah Di Batu Putih

Begitupun menjawab Farksi PKS, Nasdem dan Fraksi PKB, menurut Bupati, masih banyak PR yang harus diselesaikan bersama, sehingga dukungan dan usulan dari DPRD diperlukan.  Salah satu jawaban yang disampaikan Kuryana Azis dan cukup menarik perhatian, adalah soal pandangan umum fraksi PKB dengan viralnya medel dari Batumarta yang menceburkan diri ke jalan yang rusak dan berlubang, alhamdulillah telah ditangani oleh Balai Besar Jalan Wilayah VII Palembang. Pemkab OKU telah menganggarkan dana APBD tahun 2019 dan juga melalui bantuan Gubernur Sumsel. Pungasnya (Adv/Samudra.news)

 

Tentang redaktur pelaksana

Previous Mayoritas Fraksi Mengapresiasi Kinerja Pemkab OKU Tahun Anggaran 2018
Next Heru Prayogo Raih Suara Terbanyak Dari Caleg Provinsi Partai Golkar Se-Dapil Sumsel

Baca juga

Heru Prayogo Raih Suara Terbanyak Dari Caleg Provinsi Partai Golkar Se-Dapil Sumsel

PALEMBANG-Setelah melewati penghitungan yang panjang, berdasarkan data C1 pleno KPU Provinsi Sumsel, Wakil Ketua Partai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *