10 Tunawisma Didata oleh Tim Task Force BPS OKU

oleh -73 views
Kepala BPS OKU dan Kadis Kominfo, Kadis Dukcapil

BATURAJA,Samudra.News-Kepala BPS Kabupaten OKU,  Ir Budiriyanto,  MA pimpin langsung Tim Task Force pelaksanaan Census Night dalam rangka Sensus Penduduk September 2020 dan berasil menemukan 10 orang Tunawisma. Lokasinya di seputaran Kota Baturaja, Rabu (16/9/2020)

Tim Task Force sendiri beranggotakan unsur dari BPS Kabupaten OKU, juga melibatkan pihak yang terkait lainnya antara lain Kepala Dinas Dukcapil Ajahari, MSi,  Kepala Dinas Kominfo Priyatno Darmadi, MSi, Camat Baturaja Timur Ogan Amrin, MSi, Dinas Sosial dan  Satpol PP yang masing-masing melibat staf pada instansinya.

Dijelaskan Kepala BPS OKU Budiriyanto,  tanggal 15 September 2020 merupakan Census Date atau Hari Sensus dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Sementara malam harinya dikenal dengan nama Malam Census atau Census Night.

Pada malam itu dilakukan pencacahan Tunwisma yang dilakukan serentak di seluruh lokasi pada saat Moment Tallying pada Hari Sensus, tanggal 15 September 2020 yang dimulai pukul 21.00 WIB samai dengan 16 September 2020 pukul 06.00 WIB, ujarnya.

Petugas Task Force BPS sedang menanyai Tunawisma

Penentuan waktu ini dimaksudkan agar semua tunawisma tercakup dan tidak tercacah ganda, karena pada waktu tersebut umumnya tunawisma beristirahat sehingga lebih mudah dicacah. Di Kabupaten OKU sendiri tepatnya di Baturaja dimulai pukul 22.00 WIB dan berakhir hingga pukul 02.30 WIB.

Dari hasil penyisiran oleh Tim Task Force terdata sebanyak 10 orang Tunawisma dengan rincian 5 orang gelandangan,  3 orang gila dan 2 manusia gerobak.

Seharusnya di Census Night ini yang didata adalah Tuna wisma dan anak buah kapal (ABK). Namun karena di Kabupaten OKU tidak ada pelabuhan,  maka yang didata hanya Tuna wisma saja, katanya.

Berdasarkan identifikasi sebelumnya, diperkirakan para Tuni wisma tersebar di berbagai lokasi antara lain: Tribun Taman Kota,  Jembatan Ogan 3, Pasar Pucuk, Lapangan Korpri, Pasar Tempel Saung Naga, Jembatan Ogan 1, Pasar Baru, Terminal Batu Kuning, Pasar Induk Batu Kuning, Jembatan Ogan 2 dan Kuburan Lebak Bulus.

Baca Juga :   Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Singapura Dengan Skor 2-0

Tunawisma adalah penduduk yang tidak mempunyai tempat tinggal (rumah), dan tinggal di: Kolong jembatan; Pasar; Terminal; Stasiun; Emperan Toko; Taman umum atau berbagai fasilitas umum lainnya; Gelandangan di Trotoar jalan dan Manusia Gerobak, pungkasmya (yudi).