BNPT RI Gelar Parade Budaya Nusantara “Bersatu Lebih Erat, Bersama Lebih Harmoni”

oleh -171 Dilihat
Sofian Saleh Pncinta Seni dan Pemerhati Budaya Nusantara

JAKARTA,Samudra.News-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen. Pol. Dr. Boy Rafli Amar, MH terus berupaya meminimalisir Intoleransi, Radikalisme maupu aksi Terorisme yang salah satunya dengan penguatan akar budaya bangsa.

Kali ini BNPT RI menggandeng berbagai pihak  menyelenggarakan Parade Budaya Nusantara “Bersatu Lebih Erat, Bersama Lebih Harmoni” dengan rute Sarinah-Bundaran Hotel Indonesia-Sarinah Jakarta, Minggu (6/11/2022).

Dalam kegiatan acara Parade Budaya tersebut Kepala BNPT RI Boy Rafli Amar didampingi teman dimasa kecilnya yang juga pemerhati budaya di Indonesia yakni Sofian Saleh putra mantan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) H.M. Saleh Hasan, SH periode 1979-1989.

Kepala BNPT RI Komjen Pol Boy Rafli Amar dan Sofian Saleh

Boy Rafli Amar dalam penjelasannya mengatakan, sebagai pihak yang bergerak pada sektor pencegahan penyebaran pengaruh intoleransi, radikalisme, dan terorisme, parade tersebut juga merupakan wujud upaya BNPT RI dalam membangun ketahanan bangsa Indonesia melalui penguatan aspek budaya.

Dengan demikian, terbangun ketahanan bangsa Indonesia dari pengaruh intoleransi, radikalisme, dan terorisme, ujarnya.

Kegiatan Parade Budaya juga merupakan simbol kolaborasi antara Pemerintah dengan Civil Society dan Komunitas yang mampu mengokohkan jati diri ke-Indonesiaan. Penguatan identitas budaya nasional bangsa Indonesia melalui parade tersebut ditunjukkan melalui kehadiran para peserta yang mengenakan baju adat atau kebaya.

Parade busana kebaya ini juga dinilai dapat mendorong peran perempuan dalam upaya pencegahan terorisme. Walaupun tergolong dalam kelompok yang rentan, BNPT RI optimis kaum perempuan dapat melindungi keluarga dan komunitasnya dari ideologi dan aksi terorisme, kata mantan Kadiv Humas Polri ini.

Sofian Saleh bersama para pencinta budaya nasional

Ditempat yang sama, Putra terbaik dari Kabupaten OKU ini menambahkan, Parade Budaya ini rencananya akan dihadiri oleh ribuan orang peserta dengan menggunakan kebaya.

Mereka berasal dari 77 Kementerian/Lembaga, 17 perusahaan dibawah kementerian BUMN dan 125 komunitas yang berasal dari organisasi masyarakat, kepemudaan serta organisasi profesi, katanya pada media.

Baca Juga :   Ketua DPR RI: Aplikasi Pemerintah Harus Lindungi Data Warga dari Kebocoran

Ratusan komunitas yang menggunakan Kebaya khas Indonesia dalam kegiatan parade ini rencananya akan mendapatkan Rekor MURI, ujarnya.

Ditambahkan Sofian Saleh, Kebaya merupakan busana tradisional kebanggan wanita Indonesia yang membumi. Dengan adanya kegiatan ini, dimaksudkan pula untuk menunjukkan ke UNESCO (The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization).

Bahwa Kebaya Indonesia merupakan salah satu simbol kekayaan kebudayan Indonesia dan didukung penuh oleh berbagai elemen masyarakat Indonesia, pungkasnya (**).