Penderita Tumor Ganas Ini Mau Diobati Setelah Didatangi Bupati

oleh -160 Dilihat
Bupati menuju kediaman pasien tumor ganas

BATURAJA OKU-Deli Marlin (24) bin Johansyah anak pertama dari tiga bersaudara yang tinggal di RT 07, RW 03 Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Baturaja Timur-OKU, harus meringis menahan sakit yang tiada terkira. Suami dari Islamiah yang mempunyai anak satu dari pernikahannya dengan Deli Marlin. Penderita penyakit tumor ganas di dada sebelah kirinya. Beruntung, Bupati OKU H Kuryana Azis didampingi Kadinkes OKU H Husni Thamrin cepat tanggap dan langsung mendatanginya sehabis sholat Jum’at Islamic Centre Baturaja. Sehingga, pria ini bisa dirujuk ke RS Ibnu Sutowo Baturaja, Jum’at (21/09)

Johansyah (46), Ayah kandung Deli Marlin, mengatakan, anaknya itu menderita tumor sejak tahun 2013. Awalnya, ada benjolan kecil di dada kiri, Karena faktor ekonomi dan tidak mau merepotkan sanak saudaranya, penyakitnya ia tanggung sendiri, dia mengira benjolan didada kirinya hanya berupa bisul biasa. Dan akhirnya Deli Marlin hanya bisa bisa meratapi nasib dan selalu berdoa kepada Allah SWT semoga cepat diangkat penyakitnya yang ia derita selama ini, ujarnya.

Bupati dan Kadin Kesehatan OKU

Sejak saat itu, terjadi pembengkakan di dada kirinya. Benjolan itu, makin hari bertambah makin besar. Bahkan, puncaknya sampai sebesar bola plastik mainan anak-anak ukuran sedang. Melihat kondisi itu, keluarga sudah berupaya membawa Deli ke sejumlah rumah sakit. Baik rumah sakit pemerintah, karena mareka tinggal dibantaran rel Kereta Api dan dekat Pabrik PT Semen Baturaja. Bahkan Deli sudah dibantu pengobatannya oleh manajemen Pabrik Semen Baturaja, maklum tempat tinggalnya berada di Ring I PT Semen Baturaja.

Tidak itu saja, Deli Marlin pernah dibantu oleh pihak Polres OKU, namun sampai saat ini ia belum menunjukan kesembuhannya. Bahkan, pihak keluarga sudah beberapa kali membawanya ke pengobatan alternatif. Yang katanya bisa menyembuhkan segala macam penyakit, orang tua Deli Martin mengatakan hanya “Do’a dan Air Matalah” yang membuat kami bertahan menerima ujian ini, katanya dalam kesedihan.

Baca Juga :   Bupati dan DPRD OKU Selatan Tandatangani Nota Kesepakatan KUA dan PPAS APBD TA 2020
Pasien tumor ganas dijemput Ambulance

Deli Marlin tak bisa menikmati hidup normal layaknya kepala keluarga kebanyakan. Bertahun-tahun ia hanya bisa terbaring dan memendam rasa sakit akibat tumor ganas yang menyerang di dada kirinya. Tak ada senyuman, hanya perih dan air mata menemani kesehariaannya. Deli Marlin berlatar dari keluarga tidak mampu. Tapi apa dikata, kondisi Deli Marlin tak kunjung membaik, bahkan kini tambah kritis sakit yang dideritanya.

Namun setelah ada warga yang berhati mulia mengadu ke Pemerintah Kabupaten OKU, akhirnya Bupati OKU, H Kuryana Aizs pun tergerak dan langsung mendatangi kediaman Deli Marlin. Setelah dibujuk dan dibantu oleh Bupati, Deli Marlin yang tidak menamatkan sekolahnya ini, akhirnya bersedia di rujuk ke RSU Ibnu Sutowo Baturaja, Kanupaten OKU.

Bupati kunjungi dan beri bantuan

Bupati mengatakan, pihaknya sudah sering menemukan kasus warga yang sakit, tetapi menolak untuk dibawa ke rumah sakit. Namun, setelah dibujuk sama Bupati, baru yang bersangkutan bersedia. Hari ini, suami dari Islamiah tersebut terpaksa mau berobat ke RSU Ibnu Sutowo. Karena penyakitnya sudah parah, jadi dia dimasukan sebagai pasien keluarga tidak mampu dengan pelayanan jaminan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Ditambahkan Bupati, hari ini Deli Marlin akan dirujuk ke RSU Ibnu Sutowo setelah mendapatkan penanganan medis dari pihak Dinas Kesehatan OKU agar mendapatkan perawatan yang lebih baik dan untuk biaya selama di Baturaja akan ditanggung oleh pihak RSUD Baturaja dengan jaminan Pemerintah Kabupaten OKU. Pungkasnya (yudi)