Indonesia Peringkat Ke-5 Perolehan Medali Asian Para Games 2018

oleh -27 views

JAKARTA–Seluruh cabang olahraga (cabor) di ajang Asian Para Games 2018 sudah menyelesaikan pertandingan terakhirnya. Seperti yang sudah diduga, kontingen asal China menjadi juara umum dengan total raihan 319 medali hingga Sabtu (13/10/2018).

Kontingen asal Negeri Tirai Bambu menempati posisi puncak dengan rincian 172 medali emas, 88 perak, dan 59 perunggu. Di tempat kedua, ada Korea Selatan yang total menyabet 145 medali. Atlet-atlet asal Negeri Ginseng meraih 53 keping medali emas, 45 perak, dan 47 perunggu.

Peringkat tiga ditempati oleh Iran dengan raihan 51 medali emas, 42 perak, dan 43 perunggu. Walau memiliki total medali lebih banyak, yakni 198 berbanding 136, Jepang harus puas menempati urutan keempat. Atlet asal Negeri Matahari Terbit menyabet 45 medali emas, 70 perak, dan 83 perunggu.

Pemeberian bonus kepada atlit APG

Tuan rumah Indonesia melengkapi posisi lima besar klasemen perolehan medali Asian Games 2018 dengan total 135 keping. Kontingen Tanah Air menyabet 37 medali emas, 47 perak, dan 51 perunggu. Capaian tersebut melampaui target yang ditetapkan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Kepala Negara sebelumnya menargetkan 16 medali emas serta posisi delapan besar di klasemen akhir.

Semarak Asian Para Games 2018 belum sepenuhnya berakhir. Upacara penutupan akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) mulai pukul 19.00 WIB yang akan dimeriahkan sederet artis tanah air maupun mancanegara, terutama dari Asia.

Dihari yang sama, seperti rekan sejawatnya saat Asian Games, bonus bagi peraih medali di ajang Asian Para Games 2018 juga diserahkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebelum penutupan. Bonus tersebut merupakan bentuk apresiasi atas perjuangan para atlet di ajang olahraga bagi disabilitas terbesar di Benua Asia itu.

Baca Juga :   Wakapolda Saksikan Penandatanganan Pakta Integritas & Pengambilan Sumpah

Target yang saya berikan jelas di awal, 16 harus. Kemudian masuk 8 besar, harus. Tapi ternyata meleset semuanya, melesetnya ke atas, kata Presiden dalam sambutannya saat silaturahmi dengan sejumlah atlet Indonesia yang telah bertanding dalam kejuaraan Asian Para Games 2018 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Presiden berikan bonus kepada para atlet

Menurut Presiden, para atlet berhasil meningkatkan perolehan medali emas hingga pada hari terakhir perhelatan olah raga itu. Kepala Negara mengatakan akan menyerahkan langsung sejumlah bonus bagi para atlet yang berhasil meraih medali dalam pertandingan Asian Para Games 2018.

APBN yang keluar untuk saudara-saudara lebih banyak, tapi kita syukuri. Alhamdulillah karena ini untuk nama bangsa dan negara Indonesia. Negara tidak rugi karena memberikan bonus uang kepada atlet berprestasi. Jumlah bonus yang diberikan kepada para atlet Asian Para Games sama dengan besaran yang diberikan kepada peraih medali dalam Asian Games 2018.

Kontingen Indonesia sejauh ini masih berada di peringkat lima klasemen perolehan medali Asian Para Games 2018 dengan total 135 keping. Selain menyabet 37 medali emas, kontingen Tanah Air berhasil merebut 47 perak dan 51 perunggu. (fmh)