TPAKD Sumsel Sosialisasi Peningkatan Literasi Keuangan dan Optimalisasi Produk Layanan Keuangan di OKU

oleh -136 Dilihat
PJ Bupati OKU, Ketua DPRD OKU dan Kadinsos Prov Sumsel

BATURAJA,Samudra.News-Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Menghadiri Acara Roadshow Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sumsel Tahun 2022 di Kabupaten OKU Dalam Rangka “Sosialisasi Peningkatan Literasi Keuangan dan Optimalisasi Produk dan Layanan Keuangan Melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) Serta Optimalitas Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) Bagi Pelajar di Kabupaten OKU Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKU. Selasa (26/10/2022).

Sambutan Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumsel sekaligus Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sumsel H. Afrian Joni, SE, MM, Menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesiapan Pemkab OKU untuk mensukseskan Roadshow Literasi dan Inklusi Keuangan, Optimalisasi Akses Keuangan Kepada UMKM dan Pelajar oleh TPAKD Provinsi Sumsel Tahun 2022.

Tim percepatan akses keuangan daerah yang mengikutsertakan stakeholders dan OPD terkait, memiliki misi utama adalah  menyediakan media saluran yang akan mengoptimalkan koordinasi antar lembaga pemerintahan serta pemangku kepentingan lainnya guna membuka akses kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses sektor jasa keuangan yang seluas luasnya dalam rangka akselerasi pertumbuhan ekonomi di daerah.

Untuk keberhasilan Roadshow TPAKD Provinsi Sumsel  ini, gerakan percepatan untuk fasilitasi kemudahan dan kelancaran saluran dukungan dana pemerintah dan lembaga perbankan swasta di daerah melalui literasi dan inklusi keuangan, tentunya akan memberikan  manfaat dalam hal penguatan ekonomi mikro dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dengan cara pemberdayaan potensi usaha ekonomi produktif.

Sambutan Kadinsos Provinsi Sumsel Mirwansyah, SKM, M.KM., Menyampaikan peranan Pemerintah Daerah sangat besar dalam pemberdayaan masyarakat, banyak sekali usaha masyarakat di daerah yang potensial untuk dikembangkan namun terkendala oleh permasalahan teknis usaha, kualitas industri, dan permodalan.

Melalui program yang diusung dalam program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah dapat mendorong pertumbuhan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dengan adanya relaksasi KUR ini tentunya mampu membuat pelaku UMKM bertumbuh.

Baca Juga :   BAWASLU Geler Talk Show “Pilkada OKU Dalam Perspektif Pandemi Covid-19”

Penjabat Bupati OKU sekaligus Ketua Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten OKU H.Teddy Meilwansyah., Menyampaikan kegiatan roadshow literasi dan inklusi keuangan, optimalisasi akses keuangan daerah kepada umkm dan pelajar oleh tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD) Provinsi sumsel di Kabupaten OKU, tentunya  dengan tujuan untuk mendorong penguatan fungsi TPAKD dalam mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah dalam mengefektifkan kelancaran akses dan distribusi keuangan daerah agar semua program pembangunan yang bersifat pemberdayaan potensi perekonomian di tingkat daerah berjalan stabil dan terus berkembang.

Selain itu, juga untuk mendorong pengembangan dan pemberdayaan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten OKU. Dengan penguatan sektor-sektor ekonomi produktif, termasuk memberdayakan potensi para pelajar dalam membantu sirkulasi keuangan melalui program gemar menabung.

Untuk mensosialisasikan dan mendorong terlaksananya pemahaman akan pentingnya literasi dan inklusi keuangan serta kelancaran akses keuangan daerah  bagi para pelaku usaha UMKM dan sejenisnya.

Kegiatan roadshow ini menjadi sangat penting karena bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam hal menjamin roda perekonomian nasional dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Menyambut positif kegiatan ini, karena dipastikan akan bermanfaat besar bagi kelancaran akses keuangan daerah melalui penyaluran yang cepat, mudah, dan tepat bagi sasaran program kredit usaha rakyat terhadap pelajar dan pelaku UMKM.

Kegiatan Roadshow Literasi dan inklusi keuangan, optimalisasi akses keuangan daerah kepada UMKM dan Pelajar oleh tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD) Provinsi sumatera selatan di Kabupaten OKU saat ini, Pemkab OKU juga sangat mengharapkan masukan penting berupa kajian dan berbagi pengalaman dari TPAKD Provinsi Sumsel, yang dalam hal ini OJK,

Bank Indonesia, Kantor perbendaharan negara, serta Pemerintah Provinsi Sumsel, yang telah berkomitmen untuk mendukung pemerintah daerah dalam memfasilitasi dan melakukan pendampingan percepatan akses keuangan daerah, dan tpakd sudah pasti diharapkan bisa berkontribusi dalam mendukung sistem  pengelolaan dana bergulir yang aktif, efektif, dan inovatif dalam penyaluran program kredit usaha di  bidang pengembangan komoditi atau produk dan jenis usaha unggulan.

Baca Juga :   Sofian Sport, Juara Open Tournament Volly Ball H Kuryana Azis Cup

Ucapan terima kasih Kepada Pemerintah Provinsi Sumsel atas pemberian bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada masyarakat  Kabupaten OKU.

Sambutan Korwil  Internernational Council For Small Business (ICSB) sekaligus Ketua Pembina UMKM Provinsi Sumsel HJ. Samantha Herman Deru., Menyampaikan apresiasi dan rasa hormat atas kerja keras TPAKD Provinsi sumsel untuk memotivasi TPAKD Kabupaten OKU agar semakin semangat menghasilkan kerja nyata yang bersifat mendongkrak tingginya akses keuangan daerah bagi masyarakat luas.

Acara dilanjutkan dengan Penyerahan Simbolis Kepada UMKM Kabupaten OKU dan  program satu rekening satu pelajar  (KEJAR) bagi pelajar , Penyaluran Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) di Kabupaten OKU dan  Penyerahan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dari Provinsi Sumsel Kepada Pemerintah Kabupaten OKU (**).