Tiga Parpol Membuat Enam Butir Kesepakatan di Piagam Deklarasi Mendukung Anies Baswedan Calon Presiden 2024

oleh -127 Dilihat

JAKARTA,Samudra.News-Kerja sama antara tiga partai politik menemui kesepakatan, hubungan koalisi antara Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS mencapai babak baru. Hubungan kerja antar ketiganya makin terlihat jelas setelah Piagam Deklarasi di tanda tangani oleh ketiga partai tersebut.

Anies Baswedang diapit ke tiga Partai Pengusung

Melalui perwakilan dari masing masing Partai Politik,  Koalisi Perubahan ini makin membulatkan tekad dalam memajukan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024 mendatang. Jakarta (24/3/2023).

Piagam Deklarasi dengan enam butir kesepakatan itu di tanda tangani langsung oleh Ketua Umum Partai yaitu Ketua Umum Partai Nasdem, H. Surya Paloh; Ketua Umum Partai Demokrat, H. Agus Harimurti Yudhoyono; dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, H. Ahmad Syaikhu. Isi dari keenam kesepakatan itu adalah sebagai berikut,

Pengurus Parpol Pengusung Anies Baswedan lihatkan Piagam

1) Membentuk koalisi dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan, 2) Mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024-2029, 3) Memberi mandat kepada Calon Presiden untuk memilih Calon Pasangannya, 4) Memberi keleluasaan kepada Calon Presiden untuk berkomunikasi dengan Partai Politik lainnya dalam rangka memperluas basis dukungan, 5) Membentuk Sekretariat yang merupakan kelanjutan dari Tim Persiapan (Tim Kecil),  6) Pada waktunya mengumumkan Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden.

“Sesungguhnya, substansi dokumen dan keenam kesepakatan di atas telah disetujui oleh Calon Presiden Anies Baswedan dan ketiga Pimpinan Partai Politik sejak tanggal 14 Februari 2023, persis setahun sebelum pelaksanaan Pemilu 2024.

Setelah selesai perumusan, maka satu per satu Ketua Umum Partai NasDem, Ketua Umum Partai Demokrat, dan Presiden PKS membubuhkan tanda tangan di atas dokumen piagam dimaksud,” tutur Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya selaku perwakilan Partai Demokrat yang hadir pada moment tersebut (red).

Baca Juga :   Vaksin Booster Untuk Tingkatkan Imun Penangkal Virus Varian Baru