ASN Menjadi Motor Penting Dalam Pembangunan Nasional

oleh -190 Dilihat
Kepala BPS OKU Ir Budiriyanto, MAP

BATURAJA OKU-Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ogan Komering Ulu,  Ir. Budiriyanto, MAP beserta pegawai dilingkup BPS OKU menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun Korpri ke-47 Tahun 2018, bertempat di halaman Kantor BPS Kabupaten OKU, (29/11).

Kepala BPS dalam sambutannya membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Selama 47 tahun,  Korpri berserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Korpri telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman.

Jajaran aparatur sipil negara telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional. Jajaran ASN juga ikut serta menjadi teladan masyarakat dalam mengendepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme.

Upaya untuk memberikan yang lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara harus di tingkatkan. Dihadapkan pada perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat, aparatur sipil negara juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman.

Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi, dan budaya di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik aparatur sipil negara.

Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan juga dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban ASN jika tidak diikuti dengan perubahan kerja. Mau tidak mau, ASN harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. Mau tidak mau, ASN harus selalu open mind,  terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja,  memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak pihak terkait.

Baca Juga :   Sekda OKU Buka Sosialisasi Penyelesaian Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan

Oleh karena itu,  kepada seluruh ASN di semua lapisan pemerintahan dan di semua sektor,  saya minta untuk tidak terjebak dengan ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-programnya masing-masing. Sekali lagi, semua permasalahan yang ada di masyarakat itu bersifat lintas sektoral bahkan juga lintas daerah. Dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya yakin ASN bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Mulai tahun 2019, pemerintah akan melakukan program besar-besaran untuk memperkuat sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, SDM di semua sektor, SDM disemua lapis pemerintahan serta kualitas SDM di usia dini dan remaja, harus ditingkatkan secara signifikan. SDM kita harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknologi yang sedang berubah cepat.

Dalam kaitan ini, saya minta kepada seluruh jajaran ASN untuk segera memperkuat diri untuk menjadi agen transformasi penguatan SDM kita, menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa.  Dengan peran ASN yang tersebar diseluruh pelosok nusantara, saya yakin transformasi kualitas SDM ini bisa dilakukan secara besar-besaran dan akan memberikan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa, (yudi).