Wakapolda: Muslim Sejati Mempunyai Kepribadian, Berani Karena Benar & Takut Karena Salah

oleh -60 views
Wakapolda hormat kepada pengurus Masjid

PALEMBANG-Wakapolda Sumsel Brigjen Pol. Rudi Setiawan, SIK, SH, MM didampingi Pejabat Utama Polda Sumsel melaksanakan Safari Sholat Jum’at. Bertempat di Masjid Nurul Iman Jalan Sultan Mansyur Lrg. Gelora Kelurahan 32 Ilir Kec. Ilir Barat II Palembang, Jumat (24/1/2020).

Dari pantauan media kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Karo Rena Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Lamazi AS, Dir Sabhara, Dir Pam Obvit, Dir Tahti, Kabag Sumda Polretabes Palembang,  Kapolsektabes IB II Palembang serta perwakilan personil Polri dari Polda maupun Polrestabes Palembang.

Penceramah pada Jumat kali ini dengan tema “Karakter Muslim Sejati”. Salah satu sifat yang harus dimiliki seorang Muslim yang sejati adalah mempunyai kepribadian yang baik, berani karena benar, dan takut karena salah.

Hubungan harmonis Polda dengan Pengurus Masjid

Orang-orang yang yang beriman selalu mendapatkan panggilan indah dari Allah SWT, dan iman itu sendiri merupakan syarat diterimanya amal seseorang. Di antara kita akan dilihat mana yang benar-benar muslim, dan mana yang pura-pura.

Oleh karena itu, perlu kita mengetahui setidaknya ada lima ciri muslim sejati
ciri Muslim Sejati pertama : “Bertaqwa kepada Allah SWT dengan benar-benar taqwa. Seorang muslim sejati akan selalu tunduk dan patuh kepada Allah SWT dalam kehidupannya.

Dia selalu membuktikan imannya dan ingin dicatat sebagai orang yang benar-benar taqwa kepada Allah SWT, serta ia ingin mati dalam keadaan Islam. Sebab sebelum kematian terjadi masih ada celah seseorang mati dalam keadaan kafir.

Wakapolda berikan cindramata ke Pengurus Masjid

Ciri yang kedua: “Berusaha menjadi muslim yang Kaffah. Muslim yang kaffah adalah seorang muslim yang pola hidupnya selalu, selalu mengikuti aturan ajaran Islam, tidak sepotong-sepotong. Seorang muslim sejati selalu mentaati intruksi langit, dengan mendaftarkan dirinya sebagai pengamal Islam tanpa rasa takut.

Baca Juga :   Pemkab OKU Selatan Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

Ciri yang ketiga: “Terwarnai dirinya dengan nilai-nilai illahi”. Seorang muslim sejati tentu selalu terwarnai dirinya dengan pesan-pesan Allah SWT yang ada di dalam Al- Qur-an. Sehingga ia selalu berusaha mengikuti ketentuan-ketentuan Allah dan Rasul-Nya. Dia hanya beribadah kepada-Nya saja, bukan kepada benda keramat, hawa nafsu, pangkat dan jabatan.

Ciri yang keempat: “Teguh dalam pendirian”. Seorang muslim sejati tidak mudah terombang-ambing oleh keadaan ia mantap dalam beribadah kepada Allah SWT, tidak akan menuhankan hawa nafsu, apalagi menuhankan manusia, Keteguhannya dalam menghadapi godaan luar biasa, seolah tak punya rasa takut, kecuali kepada Allah SWT.

Foto bersama Polda Sumsel dengan Pengurus Masjid

Ciri yang kelima:  “Memiliki Keseimbangan dalam Kehidupan”. Seorang muslim sejati tidak hanya mementingkan kehidupan akhirat, namun dia tidak lupa untuk menggapai anugrah Allah SWT. Di dunia inilah tempat untuk menanam amal sholeh.

Memang seorang muslim sejati tidak hanya di masjid melulu, namun gemar bekerja untuk kehidupan dunia dan dia tidak lupa jika memiliki kelebiban lebih, dia berbagi. Dalam pergaulannya di tengah-tengah masyarakat selalu menjadi tauladan orang banyak.

Selesai menuaikan Sholat Jumat, Wakapolda Sumsel memberikan cinderamata atau kenang-kenangan untuk Masjid Nurul Iman. Di harapkan dengan kegiatan tersebut dapat selalu menjaga situasi kamtibmas di wilayah Polda Sumsel tetap aman, rukun dan kondusif. Aamiin  YRA (ril/yd).