PPS Desa Siaptuhu Dua Lakukan Pelantikan Ketua dan Anggota KPPS

oleh -256 Dilihat
Ketua dan Anggota KPPS yang akan dilantik oleh Ketua PPS Sipatuhu Dua, Kecamatan Banding Agung OKU Selatan

OKUS,Samudra News-Sebanyak 5.741.127 Anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Pemilu 2024 dilantik di Kabupaten OKU Selatan, Kamis (25/1/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Sipatuhu Dua Dedi Irawan, Ketua PPS Risdiono dan Anggota serta Staf PPPS, PKD, dan seluruh Calon KPPS.

Kepala Desa Sipatuhu Dua Dedi Irawan menagatakan, terima kasih kepada PPPS yang telah mengundang kami, selaku Pemerintah Desa Sipatuhu Dua sangat mendukung kegiatan PPS maupun PKD dan juga mohon maaf selama ini kalau kami selaku pemerintah desa ada salah atau kurang perhatian kepada PPPS dan PKD.

Kepada KPPS kami ucapkan selamat dan jalan kan tugas kamu karna keberhasilan teselenggarahnya atau suksesnya pemilu 2024 di tangan anda atau KPPS kami selaku pemerintah sangat mendukung, ujarnya.

Ketua KPU  Kabupaten OKU Selatan Doni Yansen yang diwakili oleh Ketua PPS Desa Sipatuhu Dua Risdiono, menjelaskan pasca dilantik mereka bisa langsung mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) di wilayah masing-masing.

“Bimtek bisa dilaksanakan mulai hari ini, Kamis (25/1/2024). Dalam bimtek itu ditargetkan semua anggota KPPS harus bisa dan mengikuti secara seksama. Jadi harus bisa semuanya, dan ini saya langsung monitoring,” tegasnya.

Untuk diketahui, sejak pagi, dengan mengenakan pakaian atas warna putih dan bawah hitam, puluhan ribu anggota KPPS Pemilu 2024 di Kabupaten OKU Selatan khususnya di Desa Sipatuhu Dua Kecamatan Banding Agung berdatangan dan hadir di Balai Desa.

Mereka menyimak pembacaan nama yang disampaikan KPU atau yang mewakili  sebagaimana surat keputusan.

Khusus di Desa Sipatuhu Dua ada 42 KPPS yang terpilih dan dilantik hari ini juga  menjalankan tugas di enam  TPS, dengan rincian untuk satu TPS itu berisi 7 orang dan 2 linmas .

Baca Juga :   IKA SMPN 2 OKU Kembali Gelar Bakti Sosial Ke Panti Asuhan, Pesantren, Guru dan Para Alumni
Foto bersama PPS dan anggota KPPS di Desa Sipatuhu Dua, Kecamatan Banding Agung, OKU Selatan

Ketua PPS kemudian mengajak para KPPS untuk penanaman bibit pohon dilaksanakan di masing-masing desa/kelurahan, dan khususnya Desa Sipatuhu Dua terdapat Enam TPS. “Satu TPS menanam satu bibit pohon,”

Sebagaimana anjuran Ketua KPU RI yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara. Hal ini ditunjukkan dengan memberikan bimbingan teknis kepada semua 7 orang Anggota KPPS, yang berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang hanya memberikan bimbingan teknis hanya kepada 1 orang Anggota KPPS.

“Kami berharap agar Anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan,” ungkapnya.

Bimbingan teknis itu, dia menambahkan, berlangsung pada hari ini 25 Januari 2024. KPU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara.

Hal ini ditunjukkan dengan memberikan bimbingan teknis kepada semua 7 orang Anggota KPPS, yang berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang hanya memberikan bimbingan teknis hanya kepada 1 orang Anggota KPPS.

“Kami berharap agar Anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan,” ujarnya.

Demikian juga Anggota KPPS agar bekerja dengan niat kuat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS, pungkasnya. (Nov).