PPS Lantik Ketua dan Anggota KPPS Desa Tanjung Menang

oleh -353 Dilihat
Suasana sebelum pelantikan anggota KPPS di Desa Tanjung Menang, Kecamatan Buay Pemaca OKU Selatan

OKUS,Samudra News-Sebanyak 5.741.127 Anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Pemilu 2024 dilantik di Kabupaten OKU Selatan, Kamis (25/1/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Tanjung Menang Kailani, Ketua PPS Ari Anggara dan Anggota serta Staf PPS, PKD Ike, dan seluruh Calon KPPS.

Kepala Desa Tanjung Menang Kailani menagatakan, terima kasih kepada PPS yang telah mengundang kami, kami selaku Pemerintah Desa Tanjung Menang sangat mendukung kegiatan PPS maupun PKD.

Kami mohon maaf kalau selaku pemerintah desa kurang perhatian kepada PPS dan PKD. Tidak lupa kami ucapkan selamat kepada KPPS dalam menjalankan tugas, karena keberhasilan terselenggaranya atau suksesnya Pemilu 2024 ada ditangan anda atau KPPS. Kami selaku pemerintah sangat mendukung, ujarnya.

Ditempat yang sama Ketua KPU OKU Selatan Doni Yansen yang diwakili oleh Ketua PPS Desa Tanjung Menang Ari Anggara, menjelaskan pasca dilantik mereka bisa langsung mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) di wilayah masing-masing.

“Bimtek bisa dilaksanakan mulai hari ini, Kamis (25/1/2024), dalam Bimtek itu ditargetkan semua anggota KPPS harus bisa dan mengikuti secara seksama. Jadi harus bisa semuanya, dan ini saya langsung monitoring,” tegasnya.

Untuk diketahui, sejak pagi, dengan mengenakan pakaian atas warna putih dan bawah hitam, puluhan ribu anggota KPPS Pemilu 2024 di Kabupaten OKU Selatan khususnya di Desa Tanjung Menang Kecamatan Buay Pemaca berdatangan dan hadir di Balai Desa.

Mereka menyimak pembacaan nama yang disampaikan KPU atau yang mewakili  sebagaimana surat keputusan. Untuk di Desa Tanjung Menang ada 21 KPPS yang terpilih akan dilantik hari ini juga menjalankan tugas di tiga TPS, tapi satu TPA itu berisi 7 orang dan 2 Linmas .

Baca Juga :   Pelatihan Sertifikasi Content Creator of AR Learning Center, Agar Peserta Dapat Mengembangkan Diri

Sementara itu Ketua PPS Tanjung Menang Ari  menuturkan, penanaman bibit pohon dilaksanakan di masing-masing Desa/Kelurahan, dan khususnya Desa Tanjung Menang Tiga TPS. “Satu TPS menanam satu bibit pohon,” ucapnya.

Ketua dan Anggota KPPS yang dilantik di Desa Tanjung Menang

Dalam kesempatan itu Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam sambutan yang dibacakan Oleh Setaf Pps Desa Tanjung Menang Ansori menyampaikan KPPS sangat penting perannya sebagai Penyelenggara Pemilu, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

“Salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari. Dikatakannya, pada hari ini, Kamis, (25/1/2024), dilakukan pelantikan KPPS sebanyak 5.741.127 orang untuk 820.161 TPS. Lokasi pelantikan KPPS tersebar pada 71.000 titik.

Hal ini sebagai simbol rasa syukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, rasa terima kasih kepada bumi, dan ikhtiar reboisasi terhadap pohon yang berkontribusi untuk pemenuhan logistik berupa kertas dalam Pemilu 2024.

“Kami berharap agar Anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan,” ungkapnya.

KPU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara. Hal ini ditunjukkan dengan memberikan bimbingan teknis kepada semua 7 orang Anggota KPPS, yang berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang hanya memberikan bimbingan teknis hanya kepada 1 orang Anggota KPPS.

“Kami berharap agar Anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan,” ujarnya.

Demikian juga Anggota KPPS agar bekerja dengan niat kuat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS ucapnya. (Nov).