Panglima TNI Pimpin Sertijab Kasad dari Jenderal Dudung ke Jenderal Agus

oleh -405 Dilihat
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono teken dokumen Sertijab Kasad

JAKARTA,Samudra.News-Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) menggelar upacara serah terima Jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dari Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto, SE, MSi dipimpin langsung Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Bertempat di Lapangan Upacara Mabesad, Jakarta, Jum’at (27/10/2023).

Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto mengungkapkan rasa syukurnya atas amanah yang diberikan oleh negara. Ia juga menyampaikan bahwa visi dan misi yang ingin dicapainya selaku orang nomor satu di Angkatan Darat yaitu “Mewujudkan TNI AD yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif, dalam menghadapi tantangan global dan nasional menuju Indonesia maju”.

Terkait penanganan konflik di Papua, Kasad mengungkap bahwa hal tersebut merupakan salah satu isu keamanan yang menjadi perhatian pemerintah. TNI-AD akan terus mendukung pemerintah, serta melakukan koordinasi lintas sektoral guna menyelesaikan konflik Papua menggunakan pendekatan dialog dan rekonsiliasi, sesuai perintah Panglima TNI, ujarnya.

Sebagai pembina kekuatan TNI-AD, Kasad menegaskan bahwa TNI-AD akan terus meningkatkan kemampuannya untuk menghadapi berbagai tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

TNI-AD juga akan melakukan berbagai program untuk meningkatkan kemampuannya, termasuk memodernisasi alutsista, meningkatkan kemampuan personel, dan pengembangan doktrin militer. Kerja sama dengan negara-negara sahabat untuk sama-sama meningkatkan kemampuan, juga akan terus dilakukan.

Jenderal Agus juga menegaskan bahwa dirinya akan melanjutkan program-program unggulan Angkatan Darat, seperti penanganan Stunting, TNI Manunggal Air untuk mengatasi krisis air di tengah musim kemarau, serta program-program lain yang telah dirintis sebagai upaya mendukung program pemerintah.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saksikan penandatanganan Sertijab Kasad

Dalam mewujudkannya, Kasad menekankan pentingnya menjalin sinergi dengan instansi terkait. “Program-program unggulan TNI-AD yang telah berjalan selama ini, nantinya akan saya lanjutkan. Tentunya TNI-AD tidak bisa bekerja sendiri, maka kita akan berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga lainnya, termasuk dengan Polri,“ ujar Kasad.

Baca Juga :   Syafii Efendi Bius Ribuan Mahasiswa & Pelajar OKU Dalam Seminar Nasional Character Building

Selanjutnya, Kasad mempertegas pesan Panglima TNI agar TNI-AD menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu. TNI-AD berkomitmen akan netral dalam Pemilu dan tidak akan berpihak pada salah satu calon. TNI-AD juga akan bekerjasama dengan pemerintah dan komponen bangsa lainnya, serta penyelenggara Pemilu, untuk memastikan Pemilu berlangsung secara demokratis dan adil.

“Dalam menghadapi tahun politik, peran TNI-AD adalah terus menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional. TNI-AD akan terus mendukung demokrasi dan kedaulatan NKRI, dengan bekerja sama dengan pemerintah dan seluruh komponen bangsa untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional, dan ini adalah prioritas kita,” tandasnya.

Pelaksanaan Sertijab Kasad juga dirangkaikan dengan acara Sertijab Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana dari Ny. Rahma Dudung Abdurachman kepada Ny. Evi Sophia Indra Agus Subiyanto, yang dipimpin oleh Ketua Dharma Pertiwi Ny. Vero Yudo Margono. Prosesi ini disaksikan langsung oleh Kasad, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, serta para pejabat utama TNI-AD. (Dispenad)