KPU OKU Siapkan APD dan Seluruh Penyelenggara Akan Dirapid Test

oleh -1 views
KPU OKU saat rapat bersama dengan PPK

BATURAJA,Samudra.News-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar rapat koordinasi bersama PPK se Kabupaten OKU. Bertempat di Kantor KPU Baturaja OKU, Kamis (26/6/2020).

Ketua KPU OKU Naning Wijaya, ST menyampaikan, jumlah tenaga pelaksana PPK, PPS, dan KPPS di perkirakan mencapai 1.780 orang dengan TPS sebanyak 725. Lanjutan tahapan Pilkada OKU akan melaksanakan protokol kesehatan untuk melanjutkan tahapan yang sempat terhenti karena Covid-19, ujarnya.

Tentu semua tahapan yang akan dilaksanakan tetap sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu juga masalah anggaran, tambahnya, pihaknya melakukan pencermatan, terutama untuk kebutuhan APD untuk tenaga pelaksana di lapangan dan saat proses penghitungan suara.

Ketua KPU OKU Naning Wijaya, ST saat pimpin rapat PPK

Untuk itu KPU OKU bersama PPK menggelar rapat pemantapan pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten OKU. Digelarnya rapat ini seiring dengan  pelaksanaan Pilkada Serentak akan tetap dilangsungkan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Lanjutnya, PPDP mulai kerja pada tanggal 15 Juli sampai dengan 14 Agustus 2020 dengan persyaratan peserta PPDP umur paling rendah 20 Tahun dan paling tinggi 50 Tahun dan mareka diwajibkan menjadi anggota KPPS, karena marekalah yang paling tahu tempat dan data si pemilih, ujarnya.

Dari rapat dengan PPK se Kabupaten OKU ada banyak hal yang dibicarakan pada rapat tersebut, antara lain semua teknis proses tahapan dan pelaksanaan pilkada yang harus disesuaikan dengan protokol Covid-19.

Menurutnya, untuk kelengkapan Pilkada serentak nanti KPU OKU menyiapkan alat kesehatan berupa Sarung Tangan, Masker, Baju pelindung diri, Pelindung wajah, tong air, sabun cuci tangan, pembersih tangan, tisu dan cairan disinfektan.

Komisioner KPU sedang berikan arahan ke PPK

Pihaknya merasa penting untuk menyiapkan APD. Terlebih dalam waktu dekat, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan segera bertugas. Memperbarui data-data pemilih yang berhak menggunakan hak suaranya pada saat 9 Desember 2020 nanti.

Baca Juga :   Bupati Kuryana Azis Lepas Keberangkatan Bantuan Untuk Palu, Sigi dan Donggala

Sebentar lagi PPDP kerja. Dari rumah ke rumah. Penting bagi kami untuk melindungi petugas kami. Begitu juga dengan masyarakat yang ditemui, imbuhnya.

Masih terkait upaya pencegahan Covid-19, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan OKU untuk memfasilitasi pelaksanaan Rapid Test bagi seluruh petugas penyelenggara Pilkada serentak 2020.

Tes untuk penyelenggara seluruhnya, sebelum memulai tahapan pilkada. Memastikan petugas kami, penyelenggara, dalam kondisi sehat. Tidak terpapar Covid-19. Jangan sampai menularkan ke masyarakat, pungkasnya (yudi).