DINSOS OKU SATU SATUNYA PENERIMA PADMAMITRA AWARD SE-SUMSEL

oleh -41 views

PALEMBANG-Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kesejahteraan Sosial (Kessos) Provinsi Sumatera Selatan memberikan penghargaan kepada pelaku sosial yang mewakili 3 katagori (Dunia usaha, Kedinasan & Perorangan), dari ketiga katagori tersebut satu satunya Dinas Sosial se-Provinsi Sumatera Selatan yang  mendapat penghargaan Padmamitra Award jatuh kepada Kepala Dinas Sosial Pemkab OKU Syaiful Kamal dan diberikan pada hari Senin malam (09/04) bertempat di Griya Agung Palembang Sumatera Selatan.

Perusahaan baik BUMN, BUMD, perorangan, hingga perguruan tinggi yang dinilai banyak memberikan kontribusi terhadap dunia sosial, mengurangi kemiskinan dan ketimpangan sosial semua yang berhak telah diberikan penghargaan oleh Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin kepada 28 orang dengan rincian Dunia Usaha sebanyak 11orang, Yayasan dan Kedinasan sebanyak 12 orang dan perorangan sebanyak 5 orang.

Penghargaan tersebut dikemas melalui kegiatan Padmamitra Award yang  diselengarakan pada bulan April 2018. Pada kegiatan tersebut juga ada acara pelelangan, siapa yang berminat untuk melakukan bedah rumah, dan memberikan ala alat kebutuhan bagi penyandang disabilitas dan sebagainya. Sehingga bisa membantu perusahaan menyalurkan CSR tepat sasaran, mengingat Forum CSR Kessos Sumsel ini mengetahui data dan peta orang orang yang membutuhkan bantuan.

Ketua Pelaksana Padmamitra Award, Dr Sri Rahayu menjelaskan melalui telpon, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Sumsel meliputi, kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, keterpencilan, korban bencana, hingga korban tindak kekerasan diskriminasi dan eksploitasi. Selama ini, pihak pihak yang sudah berkontribusi di bidang sosial belum pernah diberikaan penghargaan sebagai apresiasi pemerintah maupun Forum CSR Kessos Sumatera Selatan.

Padahal instansi dan lembaga tersebut, sudah membantu dalam mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan tadi. Alhamdulilah, Perusahaan BUMN, BUMD, kepala daerah, perguruan tinggi hingga perorangan untuk presentasikan apa apa saja kegiatan sosial yang disalurkan melalui CSR mereka, contohnya kami berikan piagam penghargaan kepada Kepala Dinas Sosial OKU Syaiful Kamal, katanya.

Baca Juga :   M. SYARIFUDDIN, Anak Desa Laya, Baturaja-OKU Yang Jadi Ketua MA

Ayu mengatakan, tanggung jawab sosial dunia usaha atau yang lebih dikenal dengan CSR merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam penentuan kebijakan dan program perusahaan. CSR bagi perusahaan dapat berkembang dan berkelanjutan secara harmonis dengan masyarakat. Salah satu penerima Padmamitra diberikan kepada Kepala Dinas Sosial Pemkab OKU Syaiful Kamal karena dinilai dan dianggap sukses dalam bidang Kesejahtraan Sosial.

Adapun tujuannya diberikannya penghargaan ini untuk mendorong peningkatan kepeduliaan dan menumbuhkan motivasi dan keteladanan di kalangan dunia usaha. Terlaksananya pemberian apresiasi kepada pelaku dunia usaha yang telah melaksanakan CSR Kessos dengan baik. Serta terinvestasinya aneka model pelaksanaan CSR. Kita melihat para penerima Padmamitra Award sudah dianggap mampu dan tau penyaluran CSR sudah tepat sasaran, katanya.

Adapun kategori yang dianggap layak untuk menerima penghargaan ini di antaranya, program yang dilakukan selama ini berkelanjutan seperti melakukan rehabilitas dan pemberdayaan sosial. Selain itu, sasaran program juga akan dilihat apakah sudah tepat atau belum. di antaranya melakukan rehabilitas sosial penyandang disabilitas, kusta hingga narkoba. Serta terakhir menurut lokasi sesuai dengan Komunitas Adat Terpencil (KAT). Tutupnya (yudi kasman)