Dinsos OKU Berikan Kursi Roda Bagi Warga Kurang Mampu

oleh -43 views
Kadinsos saat memberikan bantuan korsi roda

BATURAJA OKU-Alfian dari desa Lubuk Leban, Kecamatan Soso Buay Rayap, Suryati Kelurahan Sukaraya-Baturaja Timur, Sapariyanto Desa Karya Jaya dan Richo Dwi Haryanto  Desa Marga Bakti Kecamatan Sinar Peninjauan Kabupaten-OKU, bisa tersenyum dan merasa senang, usai menerima bantuan kursi roda dari Dinas Sosial Pemkab OKU. Pasalnya, alat bantu kursi jalan tersebut sudah lama diimpikan mareka, mengingat keterbatasan ekonomi yang diderita keluarganya. Bantuan kursi roda tersebut diberikan langsung Kadinsos Saipul Kamal di dampingi Kabid Elva Rosanti, beberapa waktu yang lalu.

Bantuan kursi roda ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten OKU, sekaligus bagian dari upaya meringankan beban warganya yang kurang mampu. Dengan bantuan tersebut, ke-4 orang kini bisa leluasa bergerak dan berinteraksi dengan yang lainnya. Sapariyanto warga  RT 18 dusun II desa Karya Jaya, merupakan putra dari Joyo, mengungkapkan bahwa awalnya ia menderita sakit panas, hingga akhirnya tidak bisa berjalan, padahal pihak keluarganya sudah membawanya ke Dokter dan tempat pelayanan kesehatan lainnya.

Ibu Suryati saat menerima bantuan kursi roda

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Kadinsos Saipul Kamal, Pak Mulyadi, Kabid Rehabilitasi Sosial Elva Rosanti dari Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten OKU, atas bantuan kursi roda ini. Bantuan ini sangat membantu saya dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, ungkapnya.

Terpisah, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Pemkab OKU, Elva Rosanti, berharap agar bantuan kursi roda yang diberikan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh Sapariyanto, Alfian, Suryati dan Richo Dwi Haryanto. Kami berharap bantuan kursi roda ini dapat bermanfaat dan dapat dipergunakan dengan baik oleh mareka berempat. Kami sangat senang bisa membantu mareka, dengan memberikan bantuan satu unit kursi roda, ujar istri Kepala PMD Pemkab ini.

Baca Juga :   DINSOS OKU SATU SATUNYA PENERIMA PADMAMITRA AWARD SE-SUMSEL
Sapariyanto warga warga desa Karya Jaya

Pihaknya juga mengajak semua pihak untuk ikut peduli terhadap orang-orang yang membutuhkan, sehingga dapat meringankan beban warga yang kurang mampu dan para penyandang difabel. Kegiatan pemberian bantuan kursi roda seperti ini sering dilakukan Dinas Sosial Pemkab OKU. Dan diharapkan dapat terus dilakukan secara berkelanjutan.

Dinas Sosial selalu menjembatani usulan masyarakat, agar para penyandang Disabilitas mendapatkan bantuan kursi roda dari pemerintah melalui Kementrian Sosial atau Pemkab OKU. Atas doa dari kita semua akhirnya Dinsos memberikan bantuan kursi roda. Bantuan ini tentu sangat berarti. Pihaknya berharap dengan adanya bantuan kursi roda dari Dinsos dapat menjadi penyemangat sekaligus mengurangi beban mareka selaku warga OKU dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Richo Dwi Haryanto penerima kursi roda

Selama ini usulan bantuan yang dialamatkan ke Dinsos selalu ditampung. Hanya saja harus dilakukan berurutan berdasarkan usulan yang masuk. Khusus untuk bantuan kursi roda kata dia, Dinsos selalu menyalurkan setiap tahunnya kepada warga yang sudah mengusulkan. Namun tidak menutup kemungkinan bantuan dari pusat pun seringkali dilakukan, pada saat even penting Kemensos. Semuanya tentu melihat dari kemampuan APBD maupun APBN.

Bantuan ini bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten OKU terhadap warga yang membutuhkan. Tentu harapan semoga dengan bantuan ini dapat bermanfaat dan dapat meringankan beban warga yang tidak mampu, pungkasnya (yudi)