BAWASLU OKU Gelar Test CAT dan Wawancara Kepada Calon Panwascam

oleh -55 views
Sekretaris Bawaslu turut mengawasi test CAT

BATURAJA OKU-Dalam rangka mendapatkan personel Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) yang berintegritas dan bisa melaksanakan tugasnya dengan baikpada Pilkada serentak tahun 2020 mendatang di Kabupaten OKU.

Panitia seleksi penerimaan anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam) di Bumi Sebimbing Sekundang hari ini, Jumat (13/12/2019) di Gedung STM Negeri Baturaja (SMK 3) melakukannya berbeda dari periode sebelumnya.

Ketua Bawaslu OKU saat dibincangi media mengatakan, pada periode ini, penerimaan  menggunakan sistem computer assisted test atau CAT. Sistem baru ini untuk menjaga integritas dan obyektivitas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam melakukan seleksi.

Peserta mengikuti test CAT Panwascam

Pelaksanaan seleksi berbasis online atau CAT ini merupakan gebrakan perdana Bawaslu RI dalam perekrutan pengawas adhoc tingkat kecamatan. CAT merupakan metode seleksi dengan alat bantu komputer dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Sistem tes tulis CAT mirip dengan test penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dimana setelah peserta menyelesaikan soal ujian tertulis, langsung bisa diketahui hasilnya. Sementara pereode sebelumnya, seleksi administrasi dan tes tulis secara manual, kemudian dilanjutkan tes wawancara, kata Ketua Bawaslu yang ramah dan murah senyum ini.

Dilanjutkannya, seleksi mulai hari ini dan dibuka pukul 8.00 WIB sampai selesai, (13-16 Desember) mendatang. Namun, karena keterbatasan perangkat komputer yang dimiliki, Bawaslu Kabupaten OKU bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tiga (STM-red), sebagai tempat test.

Ketua dan Sekretaris Bawaslu OKU

Untuk diketahui, Bawaslu OKU sebelumnya menerima berkas sebanyak 149 orang pendaftar Panwas Kecamatan se-Kabupaten OKU, Bawaslu OKU mengumumkan sebanyak 143 orang pendaftar lulus tahapan administrasi. Sementara 6 orang pendaftar lainnya tidak lulus administrasi.

Dalam penjelasnnya Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya didampingi Kordiv HPP, Anggi Yumarta dan Kordiv Pengawasan, Hubal dan Humas, Yeyen Andrizal menjelaskan serta Sekretaris Bawaslu Jonaidi.

Baca Juga :   KOTA BATURAJA Dihujani Cairan Disinfektan Oleh Satgas Covid-19

Ke 143 orang pendaftar yang lulus seleksi administrasi tersebut terdiri dari pendaftar laki-laki sebanyak 123 orang pendaftar dan perempuan sebanyak 20 orang pendaftar.

Komisioner Bawaslu sdg mewawancarai peserta

Setelah mengikuti test CAT, peserta sejumlah 143 orang se Kabupaten OKU dilanjutkan test wawancara sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan panitia seleksi penerimaan Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Para peserta calon Panwascam itu dihujani berbagai pertanyaan oleh tim penguji dari Komisioner Bawaslu OKU yang terdiri dari tiga orang tersebut di atas. Calon panwascam itu juga ditanya misi dan visinya menjadi Panwascam.

Salah satu peserta seleksi Panwascam, Hendy mengatakan dirinya termotivasi ingin menjadi panwascam karena ingin penyelenggaraan Pemilukada dan Pemilu itu berjalan sukses. Kemudian ingin mengawal pemilukada dan pemilu itu berada pada rel yang benar, jelas Hendy (yudi).