114 SD Di OKU Selatan Ikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN)

oleh -251 Dilihat
Kadisdik OKU Selatan, Zulfakar Dani, SSos, MM

MUARADUA OKUS-Untuk mengembangkan bakat dan minat pelajar SD di bidang Matematika dan IPA, Dinas Pendidikan OKU menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten di OKU Selatan.

Sebanyak 114 pelajar mengikuti KSN Matematika dan IPA, dengan rincian 57 bidang Matematika dan 57 siswa ikuti IPA. Adu kemampuan dalam ajang tersebut diambil dari juara 1, 2 dan 3 di 19 Kecamatan. KSN ini berlangsung di Gedung Serba Guna SD Negeri 3 Muaradua OKU Selatan, Kamis (12/3/2020).

Dalam kompetisi ini, para peserta diharuskan untuk mengerjakan soal-soal pelajaran IPA dan Matematika dengan mengikuti materi utama KSN 2020. Keseluruhan materi soal berasal dari Kemendikbud RI sehingga berstandart nasional.

Bupati OKU Selatan Popo Ali yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Zulfakar Dani, SSos, MM mengatakan, KSN merupakan program dari pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional hingga Internasional.

Diharapkan dengan adanya kompetisi ini, para siswa mampu menunjukkan potensi maksimal pada bidang lomba yang diikuti. Serta para siswa mampu mendapatkan hasil terbaik dan bisa mewakili Kabupaten OKU di tingkat Provinsi  Sumsel, Nasional, hingga Internasional, ujarnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, juga untuk memotivasi peserta didik SD untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual. Selain itu dapat memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreatifitas pembelajaran Matematika dan IPA di Sekolah Dasar.

Yang tidak kalah penting, penyelenggaraan KSN ini memfasilitasi bakat, minat dan prestasi peserta didik di bidang Sains. Kompetisi ini juga sebagai tempat untuk mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta.

Sehingga mampu membentuk siswa beprestasi yang jujur, disiplin, sportif, kreatif, tangguh, cinta tanah air dan mewujudkan bangsa yang unggul. Kepala Dinas Pendidikan Zulfakar Dani tidak lupa mengucapkan selamat berkompetisi dengan cara yang sehat dan sportif, pungkasnya (yudi).

Baca Juga :   Abusama, SH Disambut Hangat Warga Kecamatan Ulu Danau dan Sindang Danau