UPTD Puskesmas Tiga Dhaji Gelar Survei Akreditasi Oleh KMKP

oleh -194 Dilihat
Foto bersama UPTD Puskesmas Tiga Dhaji dan para survei akreditasi 

OKUS-Tiga Dhaji,Samudra News-Untuk mempertahankan status paripurna serta menjaga mutu dan kualitas pelayanan kesehatan, Puskesmas Tiga Dhaji dilakukan survei akreditasi oleh Komite Mutu Kesehatan Primer (KMKP) beberapa waktu yang lalu.

Pelaksanaan survei yang sudah dilaksanakan  sejak 2 November 2023 ini, berlanjut sampai dengan 4 November 2023 kemaren.

Kegiatan tersebut berlangsung di UPTD Puskesmas Tiga Dhaji  dan di hadiri oleh, dr Angga Rumio Pratama, Mh Kes, Kepala Desa Peningkiran Syamsuri  SPd, Suverior, dan Kepala Sekolah atau yang mewakili.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan, dr. Merry, survei dilakukan langsung oleh Lembaga Survei.

“Lembaga survey yang menjadi surveior adalah Komite Mutu Kesehatan Primer (KMKP) .

Menurutnya, tujuan dilakukan survey akreditasi adalah untuk menilai mutu pelayanan yang ada di Puskesmas dan untuk mempertahankaan status akreditasi Paripurna PKM Tiga Dhaji .

“Ini sangat penting, sebab Puskesmas Tiga Dhaji merupakan satu-satunya Puskesmas dengan status Paripurna se-OKU Selatan” ujarnya.

Adapun penilaian dilakukan terhadap pelayanan yang ada di luar gedung seperti Posyandu dan Pelayanan dalam gedung mulai dari sistem pendaftaran, sistem pemeriksaan yang sudah menggunakan IT (papperless) sampai pada penerimaan obat dan penyesuaian dokumen dengan fakta yang dilakukan.

“Dari segi prasarana dinilai juga pemenuhan SDMK, pemenuhan peralatan, penataan alat dan instrumen, sistem pembuangan limbah, pengelolaan linen, pengelolaan rekam medik dan pemenuhan prasarana lainnya sesuai PMK no 43 tahun 2019,” pungkasnya. (Bun)

Baca Juga :   HUT TNI Ke-75, Polres OKU Gelar Olahraga Bersama Personel TNI-Polri