Teddy Meilwansyah Dulu Jabat PJ Bupati Muara Enim, Kini Dilantik Sebagai PJ Bupati OKU

oleh -206 Dilihat
Gubernur Sumsel saat melantik Teddy Meilwansyah menjadi PJ Bupati OKU

PALEMBANG,Samudra.News-Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan Ketua TP-PKK Sumsel Hj. Febrita Lustia Herman Deru resmi melantik H. Teddy Meilwansyah dan Hj. Zwesti Karenia Teddy sebagai Penjabat (PJ) Bupati OKU dan Penjabat (PJ) Ketua TP-PKK OKU. Bertempat di Griya Agung Palembang. Kamis Malam (23/06/2022).

Dari pantauan media acara tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Sumsel, Sekda Provinsi Sumsel, Forkopimda Kabupaten OKU, OPD Terkait Pemprov Sumsel, Sekda OKU Dr. H. Achmad Tarmizi, Para Asisten Setda OKU, OPD Terkait Pemkab OKU serta undangan lainnya.

Gubernur kenakan tanda pangkat kepada Teddy Meilwansyah

Gubernur Sumsel H. Herman Deru melaksanakan pengambilan sumpah jabatan dan melantik Penjabat (PJ) Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah yang bersamaan dengan pelantikan Penjabat (PJ) Bupati Muara Enim Kemudian dilanjutkan dengan Pelantikan Penjabat (PJ) Ketua TP-PKK Kabupaten OKU Hj. Zwesty Karenia Teddy, oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sumsel, Hj. Febrita Lustia Herman Deru.

Pelantikan yang digelar di Griya Agung Palembang ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri), pengambilan sumpah jabatan, penyematan tanda pangkat jabatan, penyerahan SK, dan penandatangan pakta integritas.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan, pelantikan ini dilakukan sebagai bentuk jawaban dari kebutuhan pelayanan masyarakat yang menginginkan adanya Penjabat (PJ) Bupati baik di OKU maupun di Muara Enim.

Gubernur Sumsel serhkan SK dokumen PJ Bupati OKU

Herman Deru mengucapkan selamat kepada Penjabat (PJ) Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah yang baru saja dilantik, yang harapkan dari Pemerintah Provinsi sebagai wakil dari Pemerintah Pusat adalah dapat menjawab kebutuhan pelayanan di Bumi Sebimbing Sekundang, katanya.

Didalam tupoksi yang diemban ada diskresi yang tentunya tidak semua termasuk di dalam Undang-Undang maka harus disesuaikan dengan kondisi pada saat mengeluarkan diskresi tersebut, tambahnya.

Baca Juga :   Bupati OKU Timur Buka Musda JATMAN dan Launching Koperasi Konsumen

Herman Deru juga menyampaikan harapan kepada Penjabat Ketua TP-PKK Kabupaten OKU agar dapat menunjang tugas dari Kepala Daerah karena Ketua TP-PKK mempunyai previlage khusus dengan Bupati.

Gubernur Sumsel menjelaskan kepada Awak Media

Mempunyai jabatan tertinggi bukan berarti boleh semena-mena atau berhak atas segalanya namun tetap ingat bahwa ada aturan yang menaungi kita sehingga jangan pernah sekalipun melakukan hal-hal yang melanggar etika.

Terkait roda pemerintahan Herman Deru juga mengingatkan bahwa yang harus dilakukan adalah mendiagnosa segala hal dengan berbagai perspektif agar tidak salah dalam menentukan tindakan.  Juga untuk selalu berpedoman pada RPJMD yang sudah dicanangkan oleh Kepala Daerah di DPRD pada saat awal menjabat.

Herman Deru menekankan, agar Penjabat (PJ) Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah segera bekerja totalitas dalam upaya mensejahterakan masyarakat tersebut, jelasnya.

Gubernur Sumsel foto bersama dengan PJ Bupati OKU dan Forkopimda OKU

Kendati begitu, dalam menjalankan wewenangnya, PJ Bupati harus tetap fleksibel dan menyesesuaikan karakteristik daerahnya masing-masing sehingga semua potensi daerah dapat teridentifikasi dengan baik.

Termasuk dalam hal mengganti atau memutasi pejabat dan ASN di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga harus melihat dampak yang ditimbulkan.

Disisi lain, menurut Herman Deru, dalam Tupoksinya PLH dan PJ itu punya kewenangan yang sama dibawah kontrol Gubernur selaku perpanjangan Pemerintah Pusat. Hanya saja, PJ diberikan hak-hak selaku Bupati. Serta PJ juga tetap harus laporan ke Gubernur paling tidak 3 bulan sekali.

Selain pelantikan PJ Bupati OKU dan Muara Enim yang dilakukan Gubernur Herman Deru, juga dilaksanakan pelantikan terhadap PJ Ketua TP-PKK Kabupaten OKU Hj. Zwesti Karenia Teddy dan PJ TP- PKK Kabupaten Muara Enim Nurmala Sari Kurniawan oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sumsel Hj. Febrita Lustia Herman Deru (yudi).