Spesialis Curi Motor di Parkiran Masjid, Dihadiahi Timah Panas Karena Melawan

oleh
Tersangka pencuri motor diparkiran Masjid

BATURAJA,Samudra.News-Datang ke Masjid biasanya mau Sholat, ternyata 6 pemuda asal Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan Lampung ini malah memanfaatkanya untuk mencuri kendaraan bermotor yang sedang terparkir dihalaman Masjid.

Ke enam spesialis pencuri sepeda motor ditempat Ibadah tersebut bernama Junri Zakaria (26), Wandra (26), Randi Arnando (25), Niko Fajar (26), Supriyadi (25), Andi Supriyadi (25). Mareka berhasil diringkus aparat kepolisian berkat kerjasama Polres OKU dengan Polres OKU Timur.

Barang bukti berupa sepeda motor hasil curian pelaku yang kebanyakan Motor jenis Honda Bead termasuk dengan peralatannya berupa kunci letter T yang digunakan pelaku saat beraksi, berhasil disita aparat kepolisian Polsek Baturaja Timur, Polres OKU.

Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH didampingi Wakapolres OKU Kompol Edi Rahmat Mulyana, SIK, MH menjelaskan, pelaku umumnya resedivis kambuhan dalam berbagai kasus, kata Kapolres saat jumpa pers di Polsek Baturaja Timur, Minggu (4/10/2020).

Tersangka Junri merupakan otak pelaku pencurian Motor dilakukan tindak tegas dengan dihadiahi dengan timah panas di kaki kiri dan kanan. Kemudian Fajar ditembak di kaki kiri, Randi ditembak di kaki kanan. Dua tersangka lagi sedang dibawah polisi untuk melakukan pengembangan kasus.

Ditempat yang sama Wakapolres OKU yang juga didampingi Kapolsek Baturaja Timur AKP Sulis Pujiono, SH menjelaksan, dengan tertangkap sindikat spesialis pencuri motor di halaman Masjid, setidaknya polisi berhasil mengungkap 11 kasus pencurian di Masjid yang tersebar di kota Baturaja-OKU, katanya.

Modus operandinya, dalam melakukan aksinya para pelaku datang ke Masjid/Mushala pada saat pelaksanaan Shalat berjamaah (Magrib, Isy’a dan Subuh). Lalu pelaku mengambil sepeda motor korban yang sedang terparkir di halaman Masjid/Mushala.

Para pelaku merusak kunci kontak sepeda motor dengan menggunakan kunci T yang telah disiapkan dengan rapi. Setelah berhasil pelaku langsung membawa motor kearah Lampung untuk dijual.

Baca Juga :   Relawan Salam 5 Jari di Berbagai Daerah, Perjuangkan Sofian Saleh Jadi Anggota DPR RI

Kronologisnya, Polsek Baturaja Timur bekerjasama dengan Polsek Martapura untuk menghadang pelaku Curanmor, lalu diamankan tersangka Randi Arnando berikut sepeda motor Honda Beat warna Merah Putih BG 5631 FAI diperbatasan Baturaja-Martapura.

Kemudian anggota Polsek melakukan pengembangan kasus, ternyata ada pelaku lainnya yakni Junri Zakaria dan Nico Fajar yang berada di kontarkan di Jalan Kemiling. Lalu anggota Polsek Baturaja Timur melakukan pengembangan kasus untuk mengejar 3 pelaku lainnya Wandra, Andi dan Supriyadi diwilayah Lampung Waykanan.

Pada saat melakukan penangkapan 6 tersangka melakukan perlawanan sehingga petugas melakukan tindakan tegas terukur. Selanjutnya pelaku diamankan ke Polsek Baturaja Timur.

Polisi juga sudah mengamankan barang bukti berupa Kunci T. Lalu motor hasil pencurian Honda Beat BG 5631 FAI, Honda Verza Nopol BE 2921 ACA, pungkasnya (yudi).