SEKDA OKU Berikan Piagam Penghargaan Kepada Duta Sensus Penduduk 2020

oleh -162 Dilihat
Sekda OKU berikan piagam penghargaan ke Duta SP 2020

BATURAJA,Samudra.News-Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis melalui Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH mengapresiasi Duta Sensus Penduduk 2020 Kabupaten OKU yang telah berpartisipasi aktif dalam Sensus Penduduk Online yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik.

Hingga berakhirnya jadwal pada tanggal 29 Mei 2020 capaian penduduk yang sudah mengisi Sensus Penduduk Online mencapai 68,17 persen dari perkiraan jumlah penduduk yang ada di Kabupaten OKU. Dengan angka ini menjadikan Kabupaten OKU menempati peringkat pertama se Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka pelaksanaan Sensus Penduduk Online.

Demikian disampaikan Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH yang didampingi Kepala BPS OKU Ir Budiriyanto, MAP pada acara penyerahan piagam penghargaan kepada Duta Sensus Penduduk 2020. Bertempat di Kantor Badan Pusat Statistik OKU, Selasa (16/6/2020).

Dari pantauan media acara tersebut juga dihadiri Ketua PN Baturaja Agus Safuan Amijaya, SH, MH, Kepala KPPN Baturaja, Kepala Kantor Kemenag OKU H. Ishak Putih, MSi, Kepala Diskominfo OKU Priyatno Darmadi, SSos, MSi dan Ketua STIA Baturaja dan undangan lainnya.

Ditegaskan Achmad Tarmizi, pada kesempatan ini saya atas nama Pemkab OKU, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala BPS OKU beserta jajarannya. Juga yang tidak kalah pentingnya para Duta Sensus Penduduk 2020 yang berjumlah 32 orang ini, baik yang berasal dari mitra statistik di Kecamatan, Bujang Gadis OKU serta yang mewakili Mahasiswa dan SLTA.

Karena dengan kerja cerdasnya telah dapat melaksanakan tugasnya dengan sangat baik pada pelaksanaan Senus Penduduk Online yang berlangsung sejak tanggal 15 Februari hingga 29 Mei 2020, ujarnya.

Menurut Achmad Tarmizi, tingginya angka persentase ini  juga menunjukkan tingginya kepedulian masyarakat OKU terhadap pelaksanaan Sensus Penduduk Online. Apalagi dengan kondisi seperti sekarang ini, masyarakat banyak berdiam di rumah dan mempunyai banyak kesempatan untuk memperbaiki data pribadi dan keluargannya melalui SP Online.

Baca Juga :   DPD AMPI SUMSEL PEDULI, Berbagi Paket Sembako dan APD Ke Warga OKU
Foto bersama usai penyerahan piagam penghargaan

Selain itu, atas nama BPS dan Pemkab OKU, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada semua pihak baik dari jajaran Pemkab OKU,  Forkompimda, Kepala OPD, Diskominfo, Dukcapil,  Dinas Pendidikan, Perbankan, BUMN, BUMD, Para Camat, Lurah/Kades sampai ke Ketua RT dan Instansi terkait lainnya.

Sementara itu Kepala BPS OKU Ir. Budiriyanto, MAP  menjelaskan, bahwa SP Online dijadwalkan 15 Februari hingga 31 Maret 2020, namun karena terjadinya wabah Covid-19 dilakukan perpanjangan hingga 29 Mei 2020.

Hingga berakhirnya perpanjangan jadwal ini,  sebanyak 68,17 persen dari perkiraan penduduk yang ada di Kabupaten OKU sudah tercatat sebagai penduduk Indonesia. Sementara berdasarkan jumlah penduduk hingga tanggal 29 Mei 2020 penduduk yang tercatat  sebanyak 254.371 penduduk.

Jika dilihat sebaran menurut Kecamatan yang ada di OKU, seluruh penduduk yang tercatat di Kecamatan telah mencapai lebih dari 55%. Capaian tertinggi ada pada Kecamatan Muara Jaya sebanyak 85,96  persen diikuti Kecamatan Pengandonan sebesar 80,02 persen dan Kecamatan Lubuk Raja sebesar 75,48 persen danseterusnya.

Dijelaskan Budiriyanto, dengan mengisi Sensus Penduduk Online, maka anda dan keluarga akan masuk dalam data kependudukan pemerintah Republik Indonesia hingga satuan terkecil sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya.

Selanjutnya bagi masyarakat yang belum sempat berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online ini, akan ada kegiatan pendataan penduduk pada bulan September 2020, pungkasnya (yudi).