Sejarah Terukir di Sumsel, Gubernur Lantik Adik Kandung Jadi Bapati OKU Timur

oleh
Gubernur dan Bupati-Wakil Bupati yang akan dilantik

PALEMBANG,Samudra.News-Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru melantik secara langsung H. Lanosin Hamzah, ST  dan H. M. Adi Nugraha Purna Yudha, SH sebagai Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur. Bertempat di Griya Agung Palembang, Jum’at (26/2/2021).

Pengambilan Sumpah Jabatan dan  Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur pada Pilkada Serentak Tahun 2020 berlangsung hikmat dengan mematuhi Protokol Kesehatan yang sangat ketat.

Selain Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, ST  dan H. M. Adi Nugraha Purna Yudha, SH juga berbarengan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati  Kabupaten OKU, OKU Selatan, Ogan Ilir, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Bupati OKU Timur menyanyikan lagu Indonesia Raya

Pada pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan kepala daerah tersebut ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri, Pengucapan Sumpah Jabatan, dilanjutkan dengan  penandatanganan Berita Acara pengucapan sumpah jabatan, Pemasangan tanda pangkat jabatan dan Penyematan tanda jabatan, serta Penandatanganan fakta Integritas.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara, KPU, Bawaslu, Gakumdu, Polres Kodim 0403/OKU, Kejaksaan Negeri yang telah  menyelenggarakan, mengawasi, akhirnya pada hari ini telah selesai dan tepat waktu dan yang paling penting Sumatera Selatan tetap menorehkan sejarah sebagai Provinsi Zero Konflik.

Gubernur Sumsel pasangkan tanda pangkat Bupati

Selain itu juga, Gubernur mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati yang telah melaksanakan tugas mensukseskan pelaksanaan tahapan Pilkada pada saat Cuti Kampanye serta Pelaksana Harian )Plh) Bupati mengisi kekosongan berakhirnya masa jabatan Bupati yang diangkat dari Pejabat Provinsi Sumsel maupun yang diangkat dari pejabat tertinggi di Kabupaten tersebut, yaitu Sekretaris daerah (Sekda), ujarnya.

Tanpa upaya yang luar biasa dari para pejabat, institusi maka tidak mungkin akan terjadi peristiwa sakral yaitu pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pada sore hari ini. Kedewasaan berpolitik masyarakat Sumsel sudah semakin nyata, tanpa ada konflik fisik, katanya.

Baca Juga :   SEMUA ELEMEN SIAP SUKSESKAN PEMILUKADA SERENTAK 2018

Pada kesempatan ini, Gubernur menyampaikan pesan kepada seluruh Bupati dan Wakil Bupati yang hadir secara virtual maupun yang hadir langsung, baik yang lama maupun yang baru dilantik.

Gubernur serahkan dokumen sebagai pengemban jabatan

Yaitu jaga kerukunan Kepala Daerah dengan Wakil Kepala Daerah, kerukunan dengan Forkopimda,  Legislatif, Jajaran Pemerintahan, tetapi tidak kalah pentingnya adalah kerukunan dengan masyarakat. Kerukunan dengan masyarakat akan menjadi tanggungjawab kita bersama, imbuhnya.

Kepala Daerah dengan Wakil Kepala Daerah bagaikan Ikatan Rumah Tangga. Beda persepsi biasa saja, tetapi jangan sampai terjadi konflik. Gubernur dan Wakil Gubernur akan menjadi mediator jika sampai terjadi konflik.

Sebagai Wakil Pemerintah Pusat dan Gubernur sebagai Kepala Daerah Provinsi,  kami akan mengutamakan  kewenangan yang sesuai dengan aturan jika sampai terjadi konflik diantara Kepala Daerah dengan Wakil Kepala Daerah.

Bupati OKU Timur tandatangani Berita Acara pelantikan

Dalam tugas, ada hirarki baik  dalam lingkup kepemerintahan dan kesatgasan terutama Satgas Covid-19, dimana Bupati dan Wakil Bupati sebagai Ketua dan Wakil Ketua harus mengelola dengan baik dari aspek Medis, Sosial, dan aspek Ekonomi, pintanya.

Menyinggung ada 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumsel yang rawan Karhutla, ini menjadi kewaspadaan yang khusus, maka  Kepala Daerah harus tanggap terhadap bencana ini. Dalam enam bulan ini kepala daerah harus menyelesaikan RPJMD, ini harus menjadi perhatian agar program dan visi misi dapat dijalankan sesuai harapan.

Usai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur di Griya Agung ruangan berbeda dilanjutkan pelantikan PKK OKU Timur oleh Ketua PKK Provinsi Hj. Febrita Lustia Herman Deru.

Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, ST, Lahir di Gumawang, 31 Mei 1978, anak ke 12 dari Pasangan H. Hamzah dan Hj. Hanyani, Enos panggilan Akrab Lanosin bersekolah dasar di SD Negeri 1 Sidomulyo lulus Tahun 1989, menamatkan SMP Negeri 1 Belitang tamat Tahun 1992, SMA Negeri 1 Belitang Tahun 1995 dan di Unsri Fakultas Tehnik Tamat Tahun 2001.

Baca Juga :   Penderita Tumor Ganas Ini Mau Diobati Setelah Didatangi Bupati
Bupati OKU Timur sampaikan pidato pertamanya
  1. Lanosin Hamzah bekerja sebagai ASN di Pemkot Palembang dan menikah dengan Sheila Noberta di Anugerahi 3 anak, H. Lanosin aktif di Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama dari Tahun 2020 sampai saat ini, beliau juga sebagai Koordinator OKU Raya dan juga aktif sebagai Dewan Pakar Forum Koordinasi Pelapor Perdamaian Tahun 2020 sampai 2022.

Wakil Bupati OKU Timur, H. M. Adi Nugraha Purna Yudha, SH yang merupakan putra pertama dari H. M. Kholid Mawardi dan Hj. Rusmiati, Yudha panggilan akrabnya Lahir OKU pada 5 Oktober 1986, suami dari Nur Inayah ini di anugerahi 3 (Tiga) orang anak.

Yudha menamatkan SD Negeri 1 Buay Madang Timur tamat Tahun 1998. Menamatkan SMP Buay Madang tamat Tahun 2001, Tahun 2004 Yudha menamatkan MAN Jogjakarta dan Universitas Sjakhyakirti Tahun 2012, saat ini Yudha sebagai Ketua KONI OKU Timur (yudi).