Plh. Bupati, Dandim & Kapolres Tinjau Stok Tabung Oxygen di Baturaja OKU

oleh
Plh. Bupati berbincang dgn Dandim dan Kapolres OKU

BATURAJA,Samudra.News-Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH bersama Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga dan Dandim 0403/OKU Letkol Arh Tan Kurniawan meninjau ketersediaan Tabung Oksigen Samator di PT. Aneka Gas Industri. Tbk Cabang Baturaja. Bertempat di Kantor PT. Aneka Gas Industri.Tbk di Kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur-OKU, Rabu (14/7/2021).

Dari pantauan media terlihat juga Asisten I Pemkab OKU Drs. Slamet Riadi, MSi, Kepala Rumah Sakit Umum Daerah dr. Ibnu Sutowo Baturaja dr. Rynna Dyana, Perwakilan Dinas Kesehatan Pemkab OKU, Kepala BPBD Amzar Kristofa, Kapolsek Baturaja Timur, Kasat Intel Polres OKU, Pol PP dan Pihak PT Aneka Gas Industri.

Sales Exekutif memberikan penjelasan ke tamu undangan

Kedatangan tim ke Filling Station Oxygen (Stasiun Pengisian Oxygen), diterima oleh Sales Exsecutive PT Aneka Gas Industri (Tbk) Muhammad Triyanto.

Pimpinan Cabang PT. Aneka Gas Industri Tbk Cabang Baturaja di Wakili Sales Eksekutif M. Triyanto menjelaskan, suplai dari Palembang dalam 3 atau 4 hari sekali sebanyak 6 Ton Liquid, setelah diolah bisa mendapatkan 1.500 Tabung Oxygen, ujarnya.

Sedangkan kebutuhan Oxygen untuk Kabupaten OKU saat Pandemi Covid-19 ini rata-rata 200 tabung oxygen perhari. Melonjaknya kasus positif Covid-19 beberapa waktu belakangan ini, membuat kebutuhan oksigen pada sektor medis juga meningkat.

Plh. Bupati saat memberikan jawaban ke awak media

Untuk industri kita batasi hanya 10 persen saja, yang 90 persen diperuntukan Rumah Sakit yang ada di beberapa Kabupaten OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Pagaralam, Lubuk Linggau dan Empat Lawang. Disampaikan Triyanto hingga saat ini stok oxygen di Kabupaten OKU cukup.

Ditempat yang sama, Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Chandra, MH dan Team menggali informasi secara detail tentang stok ketersediaan oxygen, Kebutuhan, dan kendala apa saja serta solusi apa saja yang harus dilakukan segera, agar semua yang membutuhkan oxygen terlayani degan baik.

Baca Juga :   Puan Maharani: Sasaran Makin Luas, Pasokan Vaksin Harus Makin Lancar

Dalam kesempatan itu, Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH menegaskan, akhir-akhir ini memang ada peningkatan warga yang terpapar Covid-19 untuk OKU tercatat 31 kasus positif aktif.

Foto bersama usai peninjauan di PT. Aneka Gas Industri

Itulah sebabnya Plh. Bupati OKU menghimbau pihak terkait khususnya penyuplay oxygen ke rumah-rumah sakit jangan sampai terlambat. Jangan sampai terjadi kekosongan oxygen di rumah sakit terkhusus dalam wilayah Kabupaten OKU.

Sedangkan Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH dan Dandim 0403/OKU Letkol Arh Tan Kurniawan, SAP, MIPol menyatakan siap mengawal dan mengamankan armada angkut pendistribusian Liquid (bahan yang siap diolah jadi oxygen).

Kapolres menyarankan agar pihak PT. Aneka Gas Industri (Tbk) berkoordinasi dengan aparat keamanan saat akan mengangkut Liquid ke Kabupaten OKU agar bisa dikawal supaya tiba di Kabupaten OKU tepat waktu.

Acara dilanjutkan meninjau kesiapan Hotel Baturaja sebagai Rumah Isolasi bagi penderita Covid-19 yang memerlukan rawat inap, sekaligus meninjau proses pelayanan vaksinasi di PT. Semen Baturaja (Tbk), pungkasnya (yudi).