Pemkab OKU Timur Gandeng PGN Bangun Jaringan Gas (Jargas)

oleh
Pertemuan dikantor Camat Buay Madang Timur

OKU TIMUR,Samudra.News-Pemerintah Kabupaten OKU Timur akan memulai kerjasama dengan PT. Perusahaan Gas Negara (PGN), Tbk subholding Gas PT. Pertamima (Persero) dan akan menggandeng swasta badan usaha (KPBU) dalam pembangunan jaringan gas (Jargas) rumah tangga.

Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, ST bersama Tim Kementrian ESDM RI dan PT. PGN Head Area Palembang Provinsi Sumatera Selatan, melakukan survei dibeberapa titik Kecamatan setelah mengelar sosialisasi dengan Kepala Desa di Kecamatan Buay Madang Timur. Selasa siang (20/04/2021).

Bupati OKU Timur yang akrab disapa Enos ini menyambut baik atas rencana pembangunan jaringan gas bumi, untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga,  melalui skema kerja kerjasama bersama pemerintah daerah dengan badan usaha KPBU.

Bupati tinjau titik yang akan dibangun jargas

Setelah survei di Kecamatan Buay Madang Timur dan Kecamatan Belitang, rencana pembangunan akan dilakukan secara bertahap di tahun 2022 mendatang hanya di dua Kecamatan Belitang dan Buay Madang Timur terlebih dahulu, ungkapnya saat di wawancarai usai survei lokasi bersama tim PGN dan ESDM.

Pemasangan jaringan gas ke rumah-rumah penduduk ini rencananya tidak akan dipungut biaya alias gratis. Masyarakat hanya diwajibkan membayar penggunaan gas masing-masing yang bisa dicek melalui meteran yang terpasang di rumah penduduk, ujarnya.

Bupati OKU Timur bersama pihak kementerian

OKU Timur memiliki 20 Kecamatan, pihaknya berharap program ini bisa digarap menyeluruh disemua Kecamatan, sehingga semua masyarakat OKU Timur bisa ikut merasakan manfaatnya.

Enos mengajak semua warga beralih ke gas rumah ramah lingkungan ini karena sangat aman dan efisien untuk masyarakat selain itu dari segi biaya cukup murah tidak jauh beda dengan tabung gas 3 kg bersubsidi nantinya masyarakat tidak perlu membeli gas, karena biaya perbulan juga hampir sama dengan gas yang biasanya, pungkasnya (red).

Baca Juga :   POTENSI SISWA HARUS DIGALI SUPAYA BERKEMBANG