Muara Enim Raih Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik dan UNPSA Tahun 2018

oleh -181 Dilihat
Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim

SURABAYA-Bupati Muara Enim Ahmad Yani dan Wakil Bupati Muara Enim Juarsah menerima penghargaan atas terpilihnya 2 (dua) inovasi sebagai TOP 99 inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 yang diselenggarakan Kementrian Pan-RB, Penyerahaan penghargaan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syarifudin. Hadir juga dalam penerimaan penghargaan tersebut Wakil Bupati Muara Enim Juarsah, Asisten Administrasi Umum, Kepala Bapedda dan Kepala Bagian Organisasi Setda. Kamis (19/09)

Bupati Muara Enim, Ahmad Yani menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Muara Enim yang telah menjadi finalis dalam acara ini. Ia bangga walau baru menjabat Bupati Muara Enim, namun sudah memperoleh prestasi dan penghargaan untuk Kabupaten Muara Enim dan  bersyukur atas terpilihnya 2 Inovasi sekaligus dari Kabupaten Muara Enim, ini merupakan kerja keras dan usaha dari setiap elemen pemerintahan yang ada, uarnya.

Adapun ke-2 inovasi tersebut yaitu “Rumah UMKMK Gerbang Serasan “dan “siLakan Deh (Layanan Keuangan dan Aset Daerah)”, “Rumah UMKMK Gerbang Serasan merupakan inovasi yang mengoptimalkan fungsi KKMB (Konsultan Keuangan Mitra Bank) dalam mendampingi UMKMK (Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi).

Peran Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) dalam melakukan pembinaan terhadap kapasitas UMKMK tidak hanya dalam kaitannnya dengan akses perbankan tetapi juga penguatan kapasitas UMKMK. “Rumah UMKMK Gerbang Serasan” juga merupakan pusat dalam mengakses berbagai informasi dan fasilitas demi kemajuan usahanya sehingga mereka bisa mengembangkan bisnis.

Inovasi “siLakan Deh (Layanan Keuangan dan Aset Daerah)” adalah inovasi berupa layanan “one stop services “dalam bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah. Layanan yang disediakan berupa penyediaan fasilitas Laboratorium Keuangan dilengkapi dengan layanan pemberian konsultasi pendamping/bimbingan teknis.

Bupati Muara Enim berharap penghargaan yang diterima Kabupaten Muara Enim dapat menjadi motivasi dan memacu Perangkat Daerah lainnya untuk berlomba-lomba menciptakan inovasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas Pelayanan Publik di Kabupaten Muaraenim, dan hal ini juga menjadi salah satu motivasi Bupati Muara Enim dan Wakil Bupati Muara Enim yang baru saja dilantik untuk berkomitmen melakukan perubahan ke arah lebih baik di Muara Enim.

Baca Juga :   Pemkab OKU Terima Penghargaan Pelayanan Publik Dari Ombudsman RI

Selain ke dua penghargan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, Kabupaten Muara Enim juga mendapatkan penghargaan atas keikutsertaan mewakili Indonesia dalam UNPSA (United Nations Public Service Awards) Tahun 2018 melalui inovasi “Gerbang Serasan”. UNPSA merupakan ajang kompetisi pelayanan publik tingkat dunia yang diselenggarakan oleh PBB. Pungkasnya, (humas)