Menteri BUMN Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027

oleh -74 Dilihat
Ketua Umum PSSI terpilih Erick Thohir

JAKARTA,Samudra.News-Menteri BUMN Erick Thohir resmi menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 setelah mendapatkan 64 suara dari pemilik suara (voter) dalam pemilihan yang berlangsung di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Sangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Erick Thohir mengungguli pesaing terkuatnya yakni Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti yang mendapatkan 22 suara. Ia terpilih untuk menggantikan Mochamad Iriawan dalam Kongres Luar Biasa atau KLB PSSI yang berlangsung tertutup.

Dengan hasil ini, Erick Thohir menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Selain mengungguli La Nyalla, ia juga unggul dari Arif Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi tidak mengantongi satu pun suara. Adapun satu calon lain yakni Fary Djemy Francis memilih mengundurkan diri sehari menjelang KLB PSSI.

Proses pemilihan berlangsung sekitar 38 menit. Setelah dibuka dan melakukan verifikasi kehadiran pemilik suara, pemilihan Ketua Umum dimulai pada pukul 11.40 WIB dan berakhir pukul 12.18 WIB. Sejak awal penghitungan suara, mantan Presiden Klub Inter Milan itu mendominasi.

Ketua Komite Pemilihan, Amir Burhanuddin, mengatakan KLB kali ini diikuti 86 voters. Pemilik suara terdiri atas 34 Asosiasi Provinsi (Asprov), 18 klub Liga 1, 15 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, serta federasi futsal, asosiasi pelatih, dan asosiasi sepak bola wanita.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, berharap Ketua PSSI mampu meneruskan capaian dari Mochamad Iriawan.

Olahraga sepak bola paling dicintai masyarakat Indonesia. Presiden bahkan harus memberi inpres khusus untuk cabang olahraga ini. Tentu harapan sangat besar. Kita punya banyak agenda. Mulai dari Piala Dunia U-20, SEA Games dan Asian Games. Semoga kongres ini menghasilkan pemimpin yang betul-betul peduli pada sepak bola indonesia, pungkasnya (**)

Baca Juga :   Polres OKU Gelar Apel Kesiapan Pelantikan Presiden & Wapres RI Terpilih