Membanggakan…..Desa Sukajaya OKU Selatan Peraih “Desa Cantik Terbaik Urutan Pertama Nasional”

oleh -274 Dilihat
MenPAN dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas serahkan plakat kepada Pemkab OKU Selatan

JAKARTA,Samudra.News-Prestasi membanggakan kembali diukir Kabupaten OKU Selatan dibawah kepemimpinan Popo Ali MB Commerce dan Sholehien Abuasir, SP, MSi. Kali ini prestasi diraih Desa Sukajaya Kecamatan Buay Rawan yang berhasil menyabet Anugerah Desa Cantik Terbaik Urutan Pertama Tahun 2022 dari 12 Desa se Indonesia.

Kepastian Penganugerahan Desa Cantik Tahun 2022 untuk Desa Sukajaya yang di Pimpin Kades Tirta Ageng Puja Kesuma yang lahir di Baturaja-OKU, tahun 1989 silam. Kepastian Desa Sukajaya tersebut ini tertuang berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Penetapan 12 Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Terbaik Urutan Pertama Tahun 2022.

Bupati OKU Selatan Popo Ali yang diwakili oleh Pejabat Pemkab OKU Selatan didampingi Kepala Desa Sukajaya Tirta Ageng Puja Kesuma hadir langsung untuk menerima penganugerahan bertempat di Aryanusa Ballroom Lantai 2, Menara Dana Reksa, Gambir, Jakarta Pusat. Senin, (30/1/2023).

Adapun kegiatan ini juga diintegrasikan dengan Launching Reformasi Birokrasi BPS Tahun 2023 dan Hasil Long Form Sensus Penduduk 2020 “Kolaborasi Mewujudkan Statistik Berkualitas Untuk Indonesia Maju”.

Kepala Desa Sukajaya Tirta Ageng Puja Kesuma hadir langsung untuk menerima penganugerahan

Plakat dan sertifikat penganugerahan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas dan Kepala BPS Margo Yuwono.

Kepala BPS  Margo Yuwono dalam sambutannya mengutarakan bahwa betapa pentingnya peran data BPS dalam berbagai aspek, “Data ini dijadikan landasan bagi pemerintah untuk menyusun strategi bagaimana daya beli bisa dijaga, bagaimana pertumbuhan bisa pulih seperti sebelum pandemi Covid-19.” Imbuh Margo Yuwono.

MenPAN dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas dan Kepala BPS Margo Yuwono.

Ia melanjutkan, BPS terus melakukan transformasi dalam tubuhnya, transformasi yang diarahkan kepada 2 aspek, Aspek di hulu adalah perbaikan sistem dan manajemen internal dan pada hilirnya kami segenap pegawai BPS berupaya bagaimana mendukung penyelesaian isu-isu prioritas pemerintah, lanjutnya.

Baca Juga :   Tekap 308 Polres Way Kanan Amankan Tiga Pelaku Curas Yang Meresahkan Warga

Sementara itu, Kepala Desa Sukajaya Tirta Ageng Puja Kesuma mengatakan, sangat  mengapresiasi kepada seluruh Warga Desa Sukajaya, Kecamatan Buay Rawan dan seluruh yang terlibat atas perjuangan dan kerja keras sehingga Desa Sukajaya bisa menjadi yang terbaik urutan pertama dari 12 penerima penghargaan Anugerah Desa Cantik Terbaik Tahun 2022 se Indonesia.

12 Desa yang mendapat anugrah Desa Cantik Nasional

Alhamdulillah, Desa Sukajaya Kecamatan Buay Rawan, Kabupaten OKU Selatan mendapatkan penghargaan Desa Terbaik Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Tahun 2022 Kategori Desa Berkembang, ini semua berkat keseriusan dan kerja keras kita semua, saya sangat mengapresiasi.

Dilanjutkan Kades Sukajaya Tirta Ageng Puja Kesuma dalam kesempatan ini mengungkapkan rasa bangga dan harunya atas raihan prestasi Desa Sukajaya, “Raihan prestasi ini tentu tidak lepas dari dukungan Bupati OKU Selatan Popo Ali dan Wabup Sholehien Abuasir.

Kami sangat bangga atas prestasi dimana Desa Sukajaya, Kecamatan Buay Rawan ini dianugrahi Desa Cantik Terbaik Urutan Pertama Tahun 2022, semoga Desa Sukajaya bisa menjadi contoh dan teladan untuk desa-desa lainnya yang ada di Bumi Serasan Seandanan yang “Bersinar”, pungkasnya (yudi).