Mahasiswa PTIK Gelar FGD Dengan Tema “Pentingnya Vaksinasi Bagi Masyarakat untuk Meningkatkan Imunitas”

oleh -50 Dilihat
Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah

BATURAJA,Samudra.News-Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menghadiri Forum Group Discusion (FGD) bersama Mahasiswa S1 Ilmu Kepolisian Angkatan (PTIK) Ke-79/WTP 2021/2022. Bertempat di Ruang Bina Praja Pemkab OKU, Selasa (15/03/2022)

Turut hadir, Kapolres OKU, Mewakili Dandim 0403/OKU, Sekda OKU, Asisten III, Kesbangpol, BKPSDM, Kadinkes, Kadin Kominfo, BPBD, Kasat Pol PP, Ketua MUI Kab.OKU, Kabag Tapem, Kabag Prokopim, Ketua & Anggota FKUB, Dosen PTIK, Mahasiswa PTIK.

Forum Group Diskusi dalam rangka Giat Dianmas Mahasiswa PTIK Kepolisian Negara Republik Indonesia di Kabupaten Ogan Komering Ulu, dengan tema “Pentingnya Vaksinasi Bagi Masyarakat untuk Meningkatkan Imunitas”.

Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menyampaikan, dalam rangka pengabdian kepada masyarakat mahasiswa PTIK angkatan ke-79 di Kabupaten OKU, dengan rasa bangga dan hormat serta bahagia kami untuk mengucapkan selamat datang di Kabupaten OKU.

Mudah-mudahan dengan kehadiran mahasiswa PTIK ini akan membawa manfaat penting untuk mendukung daerah kami sebagai salah satu wilayah zona integritas hukum dan khususnya dalam rangka pembinaan hukum serta kamtibnas.

Adapun sinegritas Pemkab OKU dengan Polres OKU antara lain yaitu, hibah lahan untuk pembangunan dan pengembangan Mapolres OKU, bantuan kendaran operasional Kapolres, kegiatan bersama penanganan Covid-19, keterpaduan tugas satgas karhutlah, dana hibah daerah rekruitmen calon Bintara Polri,

Kerjasama dalam penyelenggaraan millenial safety road festival tahun 2019, membentuk satgas terpadu melalui posko pemantauan dan pengamanan perayaan hari Idul Fitri, hari raya Natal dan peringatan Tahun Baru, Satgas pengamanan pada agenda-agenda penting Pemerintah di daerah.

Dosen PTIK Godfrid. R, Tumbuh, SE, MSi menyampaikan, ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya bahwa hari ini dapat melaksanakan kegiatan FGD dengan tema pentingnya vaksinasi bagi masyarakat untuk meningkatkan imunitas.

Baca Juga :   KAPOLDA Tinjau Persiapan Dapur Umum Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19

Ini merupakan kebanggaan bagi kami karena kami diterima dengan baik serta kami dapat melaksakan FGD yang mana merupakan salah satu kegiatan dari tri darma perguruan tinggi.

Untuk itu nantinya 5 orang mahasiswa yang akan berdiskusi pada hari ini akan membahas terkait dengan pelaksanaan vaksinasi dan jumlah penyebaran Covid-19 di Kabupaten OKU ini.

Dan diharapkan pada FGD ini dapat memberikan ide-ide kreatif yang dapat memberikan masukkan kepada kita semua serta diharapkan dapat menjadi salah satu implementasi untuk disampaikan ke pimpinan kami nantinya.

Perwira Pendamping Mahasiswa PTIK Angkatan ke-79 Kombes Pol. Denny Hariyadi S.I.K, M.Si menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan kerja sama untuk pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini mahasiswa dengan masyarakat dan instansi terkait.

Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan implementasi baik itu implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi kepolisian yang telah didapatkan oleh Mahasiswa PTIK di lembaga pendidikan yang akan disampaikan dan diimplementasikan kepada peserta FGD sehingga apa yang menjadi suatu permasalahan akan mendapatkan titik temu.

Dengan tema dititikberatkan kepada Covid-19 namun demikian ini bersifat fleksibel, tidak hanya terfokus kepada permasalahan Covid-19 saja namun juga lainnya.

Kapolres OKU AKBP. Danu Agus Purnomo, SIK menyampaikan, berkaitan dengan tema yang diangkat tentunya banyak hambatan dan tantangan yang dialami pada saat implementasi. Dalam hal ini Polres OKU bersinergi bersama Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan melakukan Komunikasi bersama lintas agama yang ada di Kabupaten OKU. Dari hasil komunikasi tersebut adapun upaya yang telah dilakukan antara lain yaitu melaksanakan vaksinasi dengan metode jemput bola dan  melaksanakan gebyar vaksinasi.

Pada akhir tahun 2021 Polres OKU terkait vaksinasi telah mencapai angka 90%, dimana angka tersebut telah sesuai dengan harapan Kapolda dan Gubernur Sumsel.

Baca Juga :   Panglima TNI Hadiri Latihan Antar Kecabangan Kartika Yudha 2019 di Baturaja

Terkait vaksinasi III atau Booster sesuai data terakhir untuk saat ini baru mencapai 3%. Tentunya capaian kecil ini merupakan tantangan bersama bagi kita semua untuk meyakinkan masyarakat agar aktif dalam melaksanakan vaksinasi Booster (Dosis III).

Dalam upaya meningkatkan capaian angka vaksinasi dosis III Polres OKU menyelenggarakan gebyar vaksinasi berhadiah motor dan hadiah menarik lainnya, hal ini bertujuan agar dapat menarik minat masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi kembali baik dosis II maupun dosis III.

Meyakini dengan sinergitas yang kuat antara Pemkab OKU, Polres OKU, Kodim 0403/OKU serta Forum Keagamaan, Kabupaten OKU dapat mencapai target vaksinasi yang telah ditentukan sebelum bulan suci Ramadhan tahun ini.

Dilanjutkan diskusi yang dilaksanakan oleh Mahasiswa S1 PTIK bersama OPD, MUI, FKUB serta para peserta yang hadir (hm/yudi).