Kepsek dan Guru SD Ikuti Bemtek IKM, Agar Siswa Percaya Diri, Berani Tampil, Terampil dan Kreatif

oleh -346 Dilihat
Kepala Sekolah dan Guru yang ikuti Bimtek EKM

BUAY PEMACA OKUS,Samudra.News-Bimbingan Teknis (Bimtek) implementasi kurikulum merdeka (IKM) bagi Kepala Sekolah dan Guru tingkat SD hari ini resmi di buka oleh Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan. Bertempat di UPT SDN 06 Buay Pemaca, OKU Selatan. Selasa (19/9/2023)

Bimtek yang diselenggarakan oleh KKKS Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten OKU Selatan juga dihadiri oleh Kabid  Gtk Disdik Kabupaten OKU Selatan, para Kepala Sekolah dan Guru  Tingkat SD dan Pengawas.

Kegiatan Bimtek implemtasi kurikulum merdeka (IKM) ini berlangsung mulai dari tanggal 19-23 September  2023, dan pesertanya berasal dari Kepala Sekolah dan, Guru Kelas 1 Guru Kelas 4 SD, Guru PAI dan Guru PJOk  yang ada di Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten OKU Selatan.

M, Aripin, S,Pd mengatakan Bimbingan Teknis  IKM ini terkait dengan pelaksanaan kurikulum merdeka yang saat ini suda berlangsung, yang mana merupakan petunjuk dan juga arah terhadap kurikulum pendidikan serta penuntun para pendidik guna mengembangkan kreativitas dalam mengembangkan pembelajaran, ujarnya.

Dengan adanya kurikulum IKM ini  “khusus untuk tingkat SD yang ada di Kecamatan Buay Pemaca  Kabupaten OKU Selatan”, maka semakin gencar diadakannya Sosialisasi/Bimtek Kurikulum Merdeka  untuk jenjang Sekolah Dasar  yang ada di Kabupaten OKU Selatan khususnya di Kecamatan Buay Pemaca.

Kemudian juga pengiriman Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bidang Kurikulum untuk Guru PAI dan Sekolah Sasaran implementasi kurikulum merdeka (IKM), dikatakan oleh M, Aripin saat di bincangi di dalam ruangan guru.

Kabid Diknas M Aripin dan Pihak panitia

Dalam penyampainnya M, Aripin mengatakan, bahwa pendidik harus mampu memahami kurikulum dan dapat mengemplementasikannya pada proses pembelajaran. Kegiatan bimbingan teknis IKM bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan pada SD, untuk dapat merubah mindset atau cara pikir paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru.

Baca Juga :   Dinas Pariwisata OKU Bagikan Masker Gratis Kepada Pelaku Wisata & Ekonomi Kreatif

“Kita harap terwujudnya guru yang profesional dengan memiliki kompetensi baik pedagogik, personal, profesional dan juga sosial. Sehingga dapat mengemplementasikan hasil yang di dapat dalam kurikulum yang dipergunakan.

IKM merupakan cara atau nuansa baru bagi dunia pendidikan guna mewujudkan generasi yang memiliki rasa percaya diri dengan berani tampil, terampil serta dapat menumbuhkan kreativitas dan berakhlakul karimah, ujarnya.

Selain itu, beliau menyampaikan, bahwa bimbingan teknis ini juga dapat meningkatkan pemahaman, penguasaan dengan berbagai modul pembelajaran secara kreasi dan inovatif.

“Sehingga modul pembelajaran itu menarik dan menyenangkan. Kami harap para guru ini memiliki kompetensi profesional supaya pembelajaran itu dapat terwujud secara aktif, inovatif, kreatif, interaktif dan menyenangkan,” harapnya Pria yang menjabat sebagai Sektaris KKKS Buay Pemaca OKU Selatan.(Bun).