Kenali Jenis Aplikasi Yang Tepat dan Menguntungkan di Ruang Digital

oleh
Bupati Musi Rawas Utara, H. Devi Suhartoni sebagai Keynote Speaker

MURATARA,Samudra.News-Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Adapun yang diangkat empat (4) kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL. Sebagai Keynote Speaker adalah Bupati Musi Rawas Utara, H. Devi Suhartoni dan Bpk. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang tema besar KENALI JENIS APLIKASI TEPAT DAN MENGUNTUNGKAN DI RUANG DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session. Berlangsung hari Sabtu (4/9/2021) pukul 09.00 WIB.

Era digital saat ini membentuk revolusi Industri 4.0. Dr. Bachtiar SE.,M.Si Dosen Pascasarjana Tamansiswa Palembang menjelaskan ciri2 generasi digital antara lain indetitas (eksis) di sosial media, berekspresi di media sosial, proses belajar lebih cepat. Tantangan digital arus informasi yang banyak, konten2 negatif ancaman penggunaan internet hoaks radikalisme, pornografi penipuan online dan masih banyak lagi masih marak terjadi.

Dampak hoaks akan merugikan masyarakat, memecah belah bangsa, menyebabkan ketakutan dan masih ada lagi,, mari kita harus cerdas lawan radikalisme, melalui literasi digital digital,  melalui digital skill, digital safety, digital culture, digital ethics, dengan memilih.

Kemudian memilah aplikasi yang tepat karena manfaatnya literasi digital informasi akan terus update, sadar akan menjaga privasi, menghemat pengeluaran, mempermudah pekerjaan, menghemat waktu, wawasan nusantara dan cara pandang terhadap bangsa dengan tujuan menjaga kesatuan dan persatuan,  mengikuti kegiatan di internet akan yang mendukung wawasan kebangsaan.

Baca Juga :   Kuryana Azis Beri Bantuan Pada Pasien Kelainan Genetik Kulit

Banyak tersedia di era digital ini aplikasi khusus untuk transaksi bisnis digital yang berlandaskan etika. Basis teknologi digital benar-benar memudahkan penjual dan pembelinya dalam bertransaksi. Etika pelayanan menjadi dasar yang penting bagi para pengusaha utk mengelola bisnis dengan prinsip yang benar.

Mugono, M.Pd ketua MKKS SMP se Kabupaten Muratara menyatakan bisnis digital, adalah salah satunya jenis jasa yang menggunakan kecanggihan teknologi saat membuat produk atau dalam proses pemasarannya dan  kelebihan bisnis online antara lain minim modal, mudah dijalankan, tempat, jangkauan pemasaran yang luas,

Bisa dijadikan penghasilan utama, menghemat biaya dan waktu, manfaat bisnis online, modal relatif kecil, mudah dilakukan, biaya operasional yang lebih efisien, menjangkau konsumen secara luas, tidak terikat waktu.

Memilih aplikasi yang tepat akan menjadi terarah untuk rencana kita dalam melakukan pekerjaan, belajar dan mengembangkan diri dalam menambah ilmu dan informasi terkini (red).