Menjaga Keamanan Digital Anak-Anak Dari Hal Yang Negatif

oleh
Bupati OKU Timur yaitu, H. Lanosin Hamzah, ST, sebagai Keynote Speaker

MARTAPURA,Samudra.News– Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Adapun tema yang diangkat empat (4) kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL. Berlangsung hari Sabtu (4/9/2021) pukul 13.00 WIB.

Sebagai Keynote Speaker adalah Bupati Ogan Komering Ulu Timur yaitu, H. Lanosin Hamzah, ST, dan Bpk. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang tema besar MENJAGA KEAMANAN DIGITAL ANAK ANAK oleh para narsum yang mempunyai kompetensi dibidangnya dan juga sharing session oleh Key Opinion Leader.

Menurut  Hadi Buhro Guru MAN 1 OKU Timur menjelaskan pentingnya literasi digital bagi anak, dimana mereka nanti akan mampu memilih sendiri informasi yang dibutuhkan misalnya untuk kebutuhan pelajaran dan tugas sekolah.

Namun tetap harus ada batasan dan juga keamanan bagi anak dalam beraktifitas di internat karena anak anak sudah paham dalam mengakses apapun dari internet. Peran orang tua antara lain menjaga keamanan digital anak-anak, antara lain dampingi dan edukasi anak, komunikasi yang baik dan sopan di media sosial, saring sebelum sharing, hindari sara & pornografi, membatasi data & informasi pribadi, ajak anak-anak bermain,

Digital skills dan online learning, sangat dibutuhkan semua orang pada era digital. Semua sektor saat ini berbasis teknologi digital. Browsing, komunikasi melalui email atau media sosial, mencari informasi dan content menggunakan mesin pencari, keterampilan bertransaksi secara digital adalah pengetahuan bagi para pengguna keterampilan dasar.

Baca Juga :   Plh. Bupati Bersama Forkopimda Gelar Penyemprotan Disinfektan Sertak di OKU

Alies Putri Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya menyatakan, online learning merupakan masa depan pembelajaran, harus memperkuat kompetensi guru dan di dukung infrastruktur, ujarnya.

Harus diingat baha hal yang paling berharga di dunia saat ini adalah data,  seperti data pribadi, akses device & akun jejak browsing. Maka kita harus mampu  melindungi data credential yaitu dengan mewaspadai phising, monitor penggunaan internet pada anak yaitu dengan memberi pengertian, batasi waktu mengakses di internet, atur komputer supaya mudah terpantau, mendampingi dan memberi edukasi kepada anak.

Dalam memperkuatkan persatuan Bangsa di era digital, menurut profesor Francis  Fukuyama, Pancasila adalah menjadi landasan utama kita untuk bisa menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Bangsa. Telah banyak kasus yang terjadi karena tidak paham atau bahkan tidak memperdulikan landasan bangsa sehingga banyak timbul radikalisme, SARA dan penghasutan dimana semua informasi yang di dapat kebanyakan dari dunia maya (red).