Kegigihan Ketua DPRD OKU Perjuangkan Kesetaraan Gender, Kang Jito Terima Penghargaan Gender Champion 2022

oleh -153 views
Ketua DPRD Ir. H. Marjito Bachri terima penghargaan Gender Champion 2022

BATURAJA,Samudra.News-Komitmen Ketua DPRD Ir. H. Marjito Bachri terhadap kesetaraan gender mendapat apresiasi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan ‘Gender Champion 2022’ kepada Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri atau yang biasa disapa Kang Jito.  Pihaknya dinobatkan sebagai  dari Gender Champion dari Dinas PPPA OKU yang diwakili oleh Kabid PPPA OKU Yosi Handayani, SSos. Bertempat di Ruang Kerja Ketua DPRD OKU, Senin (20/06/2022).

Gender Champion merupakan penghargaan yang diberikan kepada seseorang baik itu pribadi atau pejabat, aktifis LSM atau Tokoh Masyarakat yang peduli. Ini terkait dengan perkembangan dan kemajuan Pengarusutamaan Gender (PUG).

Selain itu juga mendorong atau memberikan kontribusi untuk pencapaian kesetaraan gender di daerah. Juga aktif memperjuangkan hak-hak Perempuan dan Anak di OKU khususnya dalam terbitnya Perda inisiatif DPRD OKU tentang Perlindungan Perempuan dan Anak. Atas kiprahnya, Kang Jito pantas untuk mendapat menghargaan Gender Champion, ujarnya.

Yosi Handayani menyampaikan, penghargaan tersebut diberikan karena apresiasi Ketua DPRD OKU yang telah mendukung dan memperjuangakan Program Pengarusutamaan Gender (PUG) di Bumi Sebimbing Sekundang, ujarnya.

Terpisah, Kang Jito sapaan akrab Ir. H. Marjito Bachri menyampaikan, rasa syukur atas penghargaan tersebut. Menurutnya hal ini merupakan anugerah yang luar biasa. Kedepan amanah tersebut akan dijadikan motivasi untuk berjuang terhadap beberapa persoalan Gender di OKU.

Penghargaan ini berkat kerjasama dari beberapa pihak yang telah bahu-membahu  mendukung program kegiatan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten OKU, katanya.

Kang Jito yang juga merupakan Ketua DPRD pertama dari Partai besutan Prabowo Subianto ini menyampaikan penghargaan yang diraihnya juga berkat kerjasama dan koordinasi yang sudah dibangun termasuk dengan Dinas PPPA.

Baca Juga :   114 SD Di OKU Selatan Ikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN)

Pihaknya menegaskan akan mendukung penuh demi pencapaian emansipasi perempuan pada politik yang harus mencapai 30 persen, namun yang jadi Anggota Dewan hanya dua orang. Kami juga berharap banyak perempuan yang berani tampil dan maju untuk menjadi pemimpin yang tangguh di OKU, ungkapnya.

Kang Jito menambahkan pihaknya akan mendukung penuh kegiatan PUG. Dalam hal ini sebagai Wakil Rakyat dengan fungsi meliputi Regulasi, Anggaran dan Pengawasan PUG di Kabupaten yang biasa disebut Bumi Sebimbing Sekundang ini.

Kang Jito juga menilai jika kini peran serta Pengarusutamaan Gender di beberapa sektor di OKU telah mengalami peningkatan. Pihaknya juga sangat mengapresiasi capaian tersebut. Kedepan kami berharap OPD pelaksana Pengarusutamaan Gender harus benar-benar melaksanakan program PUG dengan baik. pungkasnya (yudi).