Gubernur dan Bupati OKU Timur Hadiri Pengukuhan Guru Besar STIE Trisna Negara

oleh -191 Dilihat
Gubernur Sumsel H. Herman Deru di STIE

OKUT,Samudra.News-Bupati OKU Timur H. Lanosin, ST dampingi Gubernur Sumsel H. Herman Deru menghadiri sidang terbuka pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Trisna Negara Prof. Dr. Ir. H. Garaika, SE, MM, MSi. Bertempat di Kampus C STIE Trisna Negara Kecamatan Belitang Madang Raya. Selasa (21/12/2021).

Sidang Senat sendiri dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua STIE Trisna Negara Dr. Hj. Helisia Mgh Garaika, SH, SE, MM. Pengukuhan sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia November 2021.

Acara pengukuhan ini turut dihadiri Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, SH, Sekretaris Daerah OKU Timur Jumadi, SSos., Kepala OPD OKU Timur, Forkopimda, Forum Camat, Kades OKU Timur, Civitas Akademika STIE Trisna Negara dan tamu undangan lainnya.

Prof. Dr. Ir. H. Garaika, SE, MM, MSi. dikukuhkan sebagai Guru Besar langsung oleh Kepala LLDikti Wilayah II Sumbagsel Prof. Yuliansyah, SE, MSA, PhD, Akt, CA.

Usai dikukuhkan, Prof. Garaika langsung memberikan orasi ilmiahnya yang bertajuk “Tantangan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Masa Window of Demography di Indonesia”.

Perkembangan teknologi membawa banyak kemajuan yang sangat pesat di dunia termasuk di Indonesia. Saat ini kita menghadapi masa Window of Demografi, dimana usia produktif lebih banyak dari pada usia belum produktif dan tidak produktif. Generasi Window of Demografi juga disebut generasi emas, dimana SDMnya aktif, inovatif, intelektual dan spirit tinggi” ungkap Prof. Garaika.

Masih menurut Prof. Garaika, khusus di wilayah OKU Timur, pihak pemerintah dan akademisi harus bersinergi membangun sumber daya manusia yang berkualitas sehingga mampu menghadapi Window of Demografi.

Baca Juga :   SMB IV Kagumi Keris Palembang di Pameran Pusaka Palembang Sriwijaya

Perencanaan dan pengembangan SDM sangat penting dalam mengatasi permasalahan demi permasalahan di daerah. Terima kasih kepada pemerintah Republik Indonesia, Gubernur Sumsel, Bupati OKU Timur, Ketua LLDikti Wilayah II, dan Ketua STIE Trisna Negara atas kepercayaan yang diamanahkan kepada saya.

Selanjutnya, Ketua STIE Trisna Negara, Dr. Hj. Helisia Mgh Garaika, S.H., S.E., M.M. menyampaikan, “Selamat kepada Guru Besar STIE Trisna Negara yang baru dikukuhkan. Jabatan Guru Besar merupakan jabatan tertinggi dalam dunia akademik, hal ini tentu sangat prestatif karena harus melalui tri darma perguruan tinggi.

Capaian ini bukan hanya capaian dari guru besar sebagai seorang dosen  namun juga capaian setiap perguruan tinggi. Mari kita berdoa agar apa yang telah diperoleh Prof. Dr. Ir. H. Garaika, S.E., M.M., M.Si. dapat memberikan manfaat bagi beliau, STIE Trisna Negara dan bangsa ini”.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengatakan, kendala paling utama dalam rekrutmen SDM dalam segala aspek adalah Mental itu sendiri. Kemudian memasuki era bonus demografi, jika SDM nya tidak disiapkan secara matang, maka akan menjadi ancaman tersendiri bagi kita.

Selamat kepada Prof. Garaika yang baru saja dikukuhkan sebagai Guru Besar STIE Trisna Negara, satu pesan saya sebagai Gubernur, jadilah profesor yang berguna bagi orang banyak. Sebagai seorang adik, saya juga menyampaikan pesan jaga selalu kesehatan, karena diatas perolehan ini semua, kesehatan lebih penting, pungkasnya (red).