Di Hari Pramuka Ke-62 Palembang, PJ Bupati OKU Terima Penghargaan Pancawarsa III

oleh -334 Dilihat
PJ. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menerima penghargaan di hari Pramuka

PALEMBANG,Samudra.News-Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menghadiri Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel di Bumi Perkemahan H. Iman Sumantri Gandus Palembang, Jum’at (1/9/2023) sore.

Kegiatan yang mengusung tema “Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62 Mewujudkan SDM Yang Professional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Acara tersebut juga dihadiri Sekjen Kwarnas Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar, SIP, MAP, Ketua Kwarda Sumsel Drs. Riza Fahlevi, Ketua Kormi Sumsel Hj. Samantha Tivani Herman Deru, para Kepala Daerah dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan itu PJ. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah bersama PJ. Ketua TP-PKK OKU Hj. Zwesty Karenia Teddy menerima penghargaan Pancawarsa  yang diserahkan oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

H. Teddy Meilwansyah menerima penghargaan Pancawarsa III dan Hj Zwesty Karenia Teddy menerima penghargaan Pancawarsa I.

Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar yang membacakan sambutan tertulis Ketua Kwarnas Komjen Pol (Purn) Budi Waseso menyampaikan, sesuai dengan tema HUT Pramuka ke 62 tentunya menunjukan semangat gerakan pramuka untuk meningkatkan SDM yang lebih professional, disamping itu pendidikan wawasan kebangsaan juga sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur.

PJ Bupati OKU dan Kepala Daerah lainnya di hari Pramuka

“Harus diakui jumlah SDM yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya Pembina Pramuka, pelatih Pembina Pramuka masih sangat terbatas, untuk itu peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta pelatih Pembina harus terus ditingkatkan,” kata Bachtiar.

Saat ini lanjutnya Kwarnas Gerakan Pramuka sedang berupaya untuk memperbaiki undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengaras pada era digitalisasi agar gerakan pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman.

Sementara itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam amanat apel menyampaikan, selain dari permasalahan SDM dan Wawasan Kebangsaan persoalan karakter menjadi bagian yang penting dalam pembinaan Pramuka, karena karakter merujuk pada konsistensi sifat manusia dalam berpikir sesuai dengan nilai yang dianggap luhur.

Baca Juga :   Bawaslu OKU Terima Aduan Warga Tentang Penerimaan Anggota KPPS dan Pungli

“Karakter merupakan keyakinan yang dianut sikap dan prilaku seseorang, individu dan sebagai anggota keluarga, masyarakat dan warga negara,” ujarnya.

PJ. Ketua TP-PKK OKU Hj. Zwesty Karenia Teddy menerima penghargaan Pancawarsa

Pada kesempatan itu Gubernur Sumsel mengajak kepada seluruh Anggota Pramuka untuk selalu berupaya mendarmabhaktikan diri untuk kepentingan Masyarakat, Bangsa dan Negara dan menjadikan kepramukaan sebagai bagian untuk mencerdaskan anak bangsa, mendidik insane yang mandiri dan beprestasi serta menjadi wadah menyemai generasi berwawasan kebangsaan dan berkarakter panacasila. “Selamat berbakti, mengabdi, mari kita lanjutkan pembanguna bangsa untuk masa depan yang lebih baik,” tandasnya.

Terpisah Pj Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diraih ini. Pemkab OKU tentu sangat mendukung setiap program positif Pramuka terutama perihal peningkatkan SDM yang lebih professional serta berwawasan kebangsaan.

“Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Kwarnas tentang peningkatkan SDM dan wawasan kebangsaan. Serta yang disampaikan Pak Gubernur Sumsel H. Herman Deru tentang karakter. Tentunya kita sangat mendukung hal ini agar Pramuka bisa memiliki  SDM yang Profesional, Berkarakter dan Berwawasan kebangsaan,” pungkasnya. (**).