Bupati Kuryana Azis Panen Bawang Merah Bersama Kelompok Tani Makmur & Tunas Harapan

oleh -187 Dilihat
Bupati pamerkan hasil panen bawang merah

BATURAJA OKU-Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis melakukan panen perdana Bawang Merah yang sedang dikembangkan oleh para penyuluh pertanian di Desa Tungku Jaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Senin (11/11/2019).

Kepala Dinas Pertanian OKU Joni Saihu menyampaikan panen perdana Bawang Merah itu dilakukan sekitar pukul 11.30 WIB, di kebun percontohan Kelompok Tani Makmur Desa Tungku Jaya dan Tunas Harapan Desa Lubuk Leban Kecamatan Sosoh Buay Rayap-OKU.

Panen perdana Bawang Merah itu dilakukan di atas lahan seluas 2,5 Hektar di Tungku Jaya dan 2,5 Hektar di Lubuk Leban. Meski lahan itu tak seberapa luasnya, namun Bawang Merah yang dipanen mencapai 9Ton/hektar.

Bupati sedang panen bawang merah

Ditambahkannya, benih Bawang Merah yang ditanam Kelompok Tani Makmur di Desa Tungku Jaya dan 6 Ton/hektar pada Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Lubuk Leban Kecamatan Sosoh Buay Rayap OKU.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis sangat mengapresiasi Kelompok Tani Makmur dengan Ketua Poktan Tejo Winarno dan Kelompok Tani Tunas Harapan Ketua Poktan Erzan Hendri. Dijelaskan Bupati OKU, Bawang Merah merupakan salah satu program unggulan pemerintah yang baru dikembangkan beberapa tahun terakhir di Kabupaten OKU.

Lantaran baru dikembangkan, maka pihak Dinas pertanian bekerjasama dengan Kelompok Tani menjadikan sedikit lahan sebagai demplot untuk tanaman tersebut.

Hasil yang diperoleh cukup menggembirakan, kendati lahan untuk ujicoba budidaya Bawang Merah itu tak terlalu luas, namun hasil yang diperoleh cukup banyak. Hanya dengan luas 2,5 hektar, tapi bawang yang dipanen bisa mencapai 9 Ton/Ha dan 6 Ton/Ha.

Itu artinya, Desa Tungku Jaya dan Lubuk Leban sangat berpotensi untuk membudidayakan tanaman umur pendek ini. Bupati berharap Kecamatan Sosoh Buay Rayap dapat menjadi sentra produksi Bawang Merah.

Baca Juga :   OKU Kini Rangking 3 di Sumsel Terkonfirmasi Positif Covid-19

Bupati optimis apa yang sedang dilakukan ini bisa mencapai hasil maksimal, untuk itu Bupati meminta kepada Dinas Pertanian terus melakukan pembinaan secara rutin kepada kelompok tani yang akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan petani, pungkasnya (yudi).