PKK Kecamatan Buay Pemaca OKUS Ikuti Program Pelatihan Peningkatkan Mutu Kader

oleh -214 Dilihat
Foto bersama peserta Kader PKK Kecamatan Buay Pemaca

MUARADUA,Samudra News-Yeni Astuti Ketua TP-PKK Desa Tanjung Menang Kecamatan Buay Pemaca  Kabupaten OKU Selatan menghadiri undangan PKK Provinsi Sumatera Selatan untuk mengikuti pelatihan untuk menambah wawasan untuk PKK Desa.

Ditambahkan Yeni, pelatihan tersebut bertempat di Hotel The Zuri Kota Palembang dan ia juga menjelaskan tentang 10 PKK pokok program dan diimplementasikan dari PKK Pusat, Provinsi, hingga Desa.

Dari program tersebut mencakup seluruh kepentingan masyarakat mulai dari pemberdayaan, peningkatan ekonomi keluarga, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

Lebih lanjut, sebenarnya negara kita tidak usah bingung, asalkan semua paham 10 program PKK, Indonesia bisa adem tentram dan sejahtera. PKK sangat luwes, bisa jadi motivator, inisiator, dinamisator, bahkan juga harus bisa jadi provokator yang positif, ujarnya.

Sementara Itu Ibu Indah Angelia, S.IP M.Si selaku perwakilan PMD Provinsi Sumatra Selatan mengatakan,  pada kegiatan pelatihan peningkatan mutu kader PKK, yang ada di desa desa.

Lebih lanjut Indah  mengatakan, pemerintah sangat memperhatikan untuk semakin memperkuat PKK. Apalagi sebagai mitra pemerintah untuk membangun bangsa dengan programnya yang lengkap,

Maka pemerintah menerbitkan peraturan seperti yang tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.99/2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Perpres ini untuk memperhatikan PKK dalam melaksanakan programnya dengan dukungan dana, seperti pemerintah desa agar menganggarkan dana untuk PKK.

“Saya melihat masih banyak desa yang menganggarkan PKK sangat minim. Maka diharapkan PKK desa bisa aktif untuk selalu ikut dalam musyawarah rencana pembangunan  desa Musrenbangdes). Kalau tidak diundang ya tetap saja datang, sehingga bisa mengajukan anggaran untuk kegiatan, katanya.

Paling tidak minimal mengajukan anggaran Rp 30 juta per tahun untuk PKK, sehingga kegiatan PKK bisa berjalan baik. Tentu nantinya harus diimbangi dengan fakta terutama dalam menggunakan anggaran harus riil, sesuai dengan kenyataan, ujarnya.

Baca Juga :   Masyarakat Lengkiti Siap Lahir Bathin Menangkan Kuryana-Johan di Pilkada OKU

Pengurus  TP PKK Sumatera Selatan Dr. Dra. Telly Siwi P.Si mengatakan, Pelatihan Peningkatan Mutu Kader merupakan ajang yang paling strategis dan untuk mensinergikan tentang gerakan PKK sesuai hasil Rakernas VIII Tahun 2015.

Dan merupakan media yang sangat baik untuk sharing, saling mengisi dan berbagi pengalaman didesa masing-masing tentang pelaksanaan gerakan PKK. Seperti kita ketahui bahwa keluarga adalah kelompok terkecil dari suatu Negara. Keluarga yang didik dengan baik akan menciptakan negara yang baik. Negara yang sejahtera diawali dari keluarga yang sejahtera.

Ibu Telly  mengajak kepada seluruh jajaran TP PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitas dan berkelanjutan kepada kader PKK termasuk kader dasa wisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program PKK termasuk dalam hal menciptakan kerukunan dalam keluarga dan lingkungannya.

“Saya juga mengingatkan kepada semua kader, untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan, kemudian lakukan penilaian apakah ada keberhasilan. Berhasil atau tidak untuk dijadikan ukuran merumuskann strategi dan tindak lanjut dalam membuat rencana kerja,” harap Ny. Telly.

Sementara ketua penyelenggara Indah dalam laporanya mengatakan, pelatihan mutu kader diikuti 24 orang terdiri 6 Desa, 2  yang tidak hadir, selain itu juga menghadirkan narasumber,  dari Sumatera Selatan sendiri.

Sedangkan tujuan pelatihan mutu kader selain untuk mensinkronkan program PKK antar Kabupaten hingga Desa, juga untuk meningkatkan motivasi para kader dalam melaksanakan kegiatan. Teramasuk untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader dalam memberdayakan masyarakat di Desa/Kelurahan masing-masing, pungkasnya,(Bun).