Peringatan Hari Ibu, TP PKK OKU Selatan Gelar Rapid Test Gratis

oleh -30 views
Ketua TP PKK OKU Selatan, Ny. Isyana Lonetasari Popo

MUARADUA, Samudra.News-Bupati OKU Selatan Popo Ali MB Commerce, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda OKU Selatan Hermansyah Said, SIP menghadiri kegiatan Rapid Test Gratis untuk kaum Perempuan dalam rangka Peringatan Hari Ibu Tahun 2020. Bertempat di Pendopoan Pemkab OKU Selatan. Jum’at (18/12/2020)

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan Ny. Isyana Lonetasari Popo, Para Kepala OPD, Para Ketua Organisasi Wanita OKU Selatan, Kepala Bagian Kesra, Ketua TP PKK Kecamatan, Tim Medis RSUD Muaradua serta Undangan lainya.

Ketua Pokja IV Hj. Mawarni Sudibyo menyampaikan, kegiatan Rapid Test Gratis bagi Kaum Perempuan ini dalam Rangka Memperingati Hari Ibu. Peserta yang di undang untuk mengikuti kegiatan Rapid Test Gratis berjumlah 100 orang berasal dari TP PKK 19 Kecamatan, Organisasi Wanita OKU Selatan, Lansia, Remaja dan Masyarakat, ujarnya.

Peserta mendengarkan pengarahan dari petugas Rapid Test

Test ini ditujukan agar Pemerintah dan Petugas Kesehatan bisa mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus Corona dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus Covid-19 tidak semakin bertambah.

Rapid test adalah istilah medis yang digunakan untuk tes diagnostik medis yang dilakukan dengan sederhana, mudah, dan cepat. Rapid test ini digunakan sebagai langkah skrining medis awal dalam keadaan darurat pada kondisi tertentu.

Ketua TP PKK OKU Selatan Ny. Isyana Lonetasari Popo menyampaikan, kami sangat berharap agar kegiatan yang kita laksanakan ini bisa menjadi wadah dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat dengan dukungan pelayanan kesehatan dari Pemerintah dan kita semua terhindar dari wabah Covid-19 ini, ujarnya.

Wakil Ketua TP PKK OKU Selatan sedang diambil darah

Selanjutnya jumlah orang yang positif terinfeksi Covid-19 di indonesia kian hari kian bertambah, guna mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas lagi, Pemerintah menginstruksikan untuk melakukan Rapid test terutama di daerah yang memiliki kasus Covid-19, hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 diwilayah masing-masing.

Baca Juga :   PT. Semen Baturaja Gelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim Piatu

Pemerintah Daerah Sumatera Selatan juga mulai mengintruksikan melalui TP PKK Provinsi Sumsel bekerjasama TP PKK OKU Selatan untuk melakukan Rapid Test di beberapa wilayah di Sumatera Selatan dan himbauan Pemerintah tersebut juga harus dilakukan di Kabupaten OKU Selatan yang kita cintai ini.

Hasil Rapid Test ini bukan menentukan apakah orang tersebut sudah terdeteksi terkena Covid-19 atau tidak terkena, karena hasil tes reaktif belum tentu menunjukkan seseorang positif Covid-19. begitu juga sebaliknya, hasil Rapid Test Non-reaktif belum tentu juga menunjukkan seseorang pasti Negatif Covid-19.

Foto bersama usai pelaksanaan Rapid Test

Rapid Test merupakan suatu cara untuk mendeteksi antibodi, yaitu Igm dan Igg, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan Virus Corona, antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan Covid-19.

Ditempat yang sama, sambutan Bupati OKU Selatan yang disampaikan oleh Asisten II, Hermansyah Said, SIP mengatakan, kegiatan ini dikemas dalam Peringatan Hari Ibu Tahun 2020 dengan Kegiatan Rapid Test Gratis Bagi Kaum Perempuan,

Jajaran Pemerintah Kabupaten sangat mengapresiasi kegiatan ini, karna sebagai upaya kita bersama dalam mencegah penularan Covid-19 di OKU Selatan atau yang dikenal dengan sebutan Bumi Serasan Seandanan.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan terus berupaya dalam Penanggulangan Covid-19, sehingga Kondisi di OKU Selatan saat ini sangat kondusif dan aman dari penyebaran Covid-19. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat dan kita semua sebagai salah satu bentuk upaya kita dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di OKU Selatan, pungkasnya (kominfo/mul).