Pedang Pora Lepas Kepergian AKBP Arif Hidayat Ritonga dan Istri

oleh

BATURAJA,Samudra.News-Polres Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar upacara Pedang Pora melepas pejabat lama yang Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH di Halaman Mapolres OKU Jalan Lintas Sumatera, Rabu (11/8/2021).

Dari pantauan media, acara tersebut juga dihadiri Kapolres OKU Yang baru AKBP Danu Agus Purnomo, SIK beserta istri, PJU Polres OKU, Para Kapolsek se-Polres OKU, Ibu-ibu Bhayangkari Polres OKU dan Personel Polres OKU lainnya.

Upacara pedang pora dilaksanakan oleh para Perwira Polres OKU, dengan membentuk barisan memanjang, yang dihadapan mereka terbentang karpet merah menuju pintu gerbang keluar Mako Polres OKU.

AKBP dan Istri dilepas dengan tradisi pedang pora

Acara diawali dengan pengalungan bunga dan jabatan tangan antara Kapolres OKU AKBP. Danu Agus Purnomo, SIK beserta Ketua Bhayangkari OKU Ny. Danu Agus Purnomo kepada AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH beserta istri, yang dilanjutkan dengan melangkahkan kaki sambil memberi hormat kepada pasukan pedang pora di bawah Gapura Pedang.

Rasa harupun terpancar dari wajah AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH dan istri saat menyalami para PJU Polres OKU beserta Istri dan Personel Polres OKU yang berjejer dari halaman hingga sampai ke mobil pribadi AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH.

Bahkan AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH saat bertemu dalam pelepasan dengan yang namanya yang sama yakni Arif, ia langsung menyalami dan langsung membuka topi bawahannya yang kebetulan bernama sama (Arif) dengannya.

Tak hanya itu, AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH sempat dikagetkan dengan pemberian buket bunga dari salah seorang personel dari bagian Reskrim kepadanya dekat pintu gerbang Mapolres OKU.

Berpamitan dengan yang namanya sama (Arif)

Usai prosesi pedang pora, Kapolres OKU AKBP. Danu Agus Purnomo, SIK mengatakan, upacara pedang pora merupakan prosesi pelepasan pejabat kepolisian untuk menghormati perwira yang akan Pindah Tugas ataupun memasuki masa Purna Bhakti.

Baca Juga :   Usai Cuti Kampanye 71 Hari, Kini Kuryana Azis Aktif Kembali Sebagai Bupati OKU

Tradisi pedang pora dilaksanakan dalam rangka melepas tugas pejabat, dengan kata lain itu merupakan sebuah penghormatan bagi perwira yang akan meninggalkan komando ke tempat tugas yang baru dan tradisi ini sudah dilakukan sejak dulu, kata Staf Teknis Polri di Komjen Penang Malaysia.

Sementara itu sebelum pelaksanaan upacara pedang pora, di Halaman Mapolres OKU dilaksanakan Sertijab dari Kapolres OKU yang lama AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH ke Kapolres yang baru AKBP. Danu Agus Purnomo, SIK.

Bunga kasih sayang antara atasan dan bawahan

Dalam sambutannya AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH menyampaikan permohonan maaf bilamana selama bertugas di Polres OKU selama 1,5 tahun terdapat kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja. Selama bertugas di OKU ia mendapat kebanggan dari keluarga besar yang sangat luar biasa ini, ujarnya.

Jangan putus tali silaturahmi yang sudah terbina dengan baik ini, ia juga berpesan jikalau ada para Anggota dari Kapolres OKU yang mau ke Palembang ia tinggal di Pakri III perumahan Polda Sumsel, pintu selalu terbuka lebar untuk rekan-rekan.

AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kerjasama yang baik dengan Forkopimda OKU yang selalu kompak dan penuh persaudaraan selama bertugas di Bumi Sebimbing Sekundang, pungkasnya (yudi).