Mewahnya Rumah Rektor Universitas Lampung Yang di OTT KPK

oleh -163 Dilihat
Rumah Rektor Unila yang ditangkap KPK di Lampung

BANDAR LAMPUNG,Samudra.News-Setelah KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani. Selain Karomani, KPK juga turut menangkap tujuh orang lainnya, tiga di antaranya ditangkap di Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengungkapkan, sebelum digelandang ke Gedung KPK di Jakarta, tiga pejabat Unila yang ditangkap di Bandar Lampung sempat diperiksa di Mapolda Lampung, pada Jumat malam hingga Sabtu dini hari tadi.

Iya bahwa benar ada salah satu ruangan yang dipakai penyidik KPK untuk melakukan pemeriksaan awal terhadap mereka yang diamankan, kata Pandra kepada awak media, Sabtu (20/8/2022).

Namun Pandra enggan membeberkan siapa saja Pejabat Unila yang diperiksa di Polda Lampung itu. Informasi yang beredar, tiga Pejabat yang ditangkap itu yakni Wakil Rektor I Unila berinisial HY, Dekan Tehnik HM serta Dekan FKIP MB.

Pandra mengungkapkan, kapasitas Polda Lampung dalam kasus ini hanyalah backup. Seluruh informasi mengenai opetasi tangkap tangan itu ada di tangan KPK. Ini merupakan bentuk koordinasi dan sinergitas antara KPK dan Polda Lampung, kata Pandra.

Dia menyebutkan, saat ini tiga orang yang ditangkap KPK di Lampung sudah dibawa ke Gedung KPK di Jakarta. Saat ini mereka yang diamankan tadi malam telah dibawa tim penyidik ke Gedung Merah Putih KPK, jelasnya.

Adapun OTT KPK terhadap Rektor Unila Karomani ini dilakukan paralel di Bandung dan di Bandar Lampung. Karomani ditangkap atas kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri.

Rektor Universitas Negeri Lampung Terjaring OTT KPK, Diduga Terima Suap Penerimaan Mahasiswa Baru. Benar, itu rumah Pak Rektor (Karomani), tapi beliau juga jarang di sini, kata Harsuludin, saat ditemui di lokasi, pada Sabtu (20/8/2022) siang.

Baca Juga :   Kuryana Azis Datangi dan Antar Penderita Pembengkakan Kepala (Hydrochepalus) Ke Rumah Sakit.

Dia mengatakan, rumah tersebut baru sekitar satu tahun berdiri sejak dibangun pada tahun lalu.
“Sepertinya baru jadi sebelum puasa kemarin, tapi Lebaran kemarin juga enggak di sini,” kata Harsuludin.

Sementara itu, rumah pribadi Karomani yang berada di Gang Dahlia, Kecamatan Kedaton, Bandar Lampung, juga terpantau lengang.

Ketua Lingkungan setempat Hasiono Musa mengatakan, rumah pribadi itu telah ditempati Karomani sekitar sepuluh tahun. Sekarang rumah ini ditempati oleh anaknya, beliau pindah sama istrinya ke rumah baru di Bataranila, Lampung Selatan, kata Musa.

Diberitakan sebelumnya, penangkapan Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani diduga terkait gratifikasi. Harta Capai Rp 3,1 Miliar Karomani ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Bandung pada Sabtu (20/8/2022) dini hari.

Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri membenarkan rektor Unila tersebut diduga menerima suap penerimaan mahasiswa baru. Terkait dugaan korupsi suap penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di Unila, kata Ali Fikri, melalui pesan WhatsApp, Sabtu siang (Wis 389 Her).