Jos Akherman Tinjau Kesiapan Objek Wisata Danau Ranau Menjelang Idul Fitri 1443 H

oleh -156 Dilihat

,Samudra.News-Pemkab OKU Selatan dalam hal ini melalui Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan OKU Selatan Jos Akherman, SSTP, MSi meninjau lokasi objek wisata Danau Ranau dalam rangka kesiapan sarana dan prasarana objek wisata menjelang Idul Fitri 1443 H. Rabu (20/4/2022).

Dalam penjelasannya kepada awak media, mantan Kabag Humas Pemkab OKU Selatan menyampaikan, tadi yang kita cek diantaranya mengenai seperti apa kesiapan seluruh objek wisata sekaligus kita juga melakukan briefing kepada pengelola objek wisata yang ada di kawasan Danau Ranau.

Diantaranya: pelayanan, keamanan, ketertiban dan kebersihan objek wisata guna menyambut para wisatawan yang akan berlibur pada libur Hari Raya Idul Fitri mendatang, kata Jos (Sapaan akrab Plt. Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Jos Akherman, SSTP, MSi).

Kita sadar, ada beberapa hal memang yang selalu menjadi polemik bagi wisatawan, misalnya seperti Karcis saat akan mengunjungi wisata di Danau Ranau.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sudah menyusun hal tersebut guna kenyaman para pengunjung objek wisata andalan Provinsi Sumatera Selatan salah satunya Danau Ranau, ujarnya.

Plt. Kadin Pariwisata dan Kebudayaan OKU Selatan

Dilanjutkan Josh, untuk karcis bisa dikatakan legal jika sudah beroperasi dari Bapenda dan kita yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan OKU Selatan sudah melakukan komunikasi tersebut hal ini kita lakukan selain untuk kenyamanan bagi wisatawan di sisi lain untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) OKU Selatan, katanya ramah pada media.

Yang jelas wisata ini (Danau Ranau) tidak akan akan maju dan tidak akan cukup hanya dari campur tangan pemerintah semata, artinya apa…?! kami sangat mengharapkan dan sangat sangat terbuka untuk menerima masukan-masukan, bahkan kerjasamanya dari masyarakat.

Baca Juga :   Peringati Hari Ibu dan DWP, Pemkab OKU Selatan Gelar Jalan Sehat

Diharpkan juga kepada komunitas pecinta wisata dan pihak lain untuk kemajuan destinasi wisata lain yang ada di OKU Selatan, bukan hanya Danau Ranau ini saja, karena OKU Selatan ini kaya destinasi wisata yang harus kita angkat dan hal ini niscaya akan terwujud tanpa saran serta dukungan dari masyarakat OKU Selatan, tegasnya.

Sejauh ini selain terkenal kuliner Ikan Mujair Bakarnya, di Danau Ranau ada beberapa objek wisata dan permaianan yang bisa di kunjungi dan dinikmati oleh wisatawan saat libur Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Diantaranya, pemandangan Gunung Seminung serta birunya air danau, wisata Air Panas, Pulau Marisa, Pantai Bidadari, Pantai Pelangi, Air Terjun Subik Tuha, Sesebik Hills, Permainan wisata air rafting (Arung Jeram), Jet Sky, Banana Boat, Tubing Ride, Kapal Ketek dan lain sebagainya.

Diketahui Danau Ranau terletak di perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung. Tepatnya diperbatasan antara Kabupaten OKU Selatan dan Kabupaten Lampung Barat. Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera, setelah Danau Toba.

Danau Ranau merupakan danau tektonik/danau vulkanik. Aliran utama danau berasal dari Sungai Warkuk dan aliran keluar menuju Sungai Selabung, yang merupakan salah satu anak Sungai Komering.

Dari, aliran sungai ini lah sumber utama untuk mengairi daerah Irigasi Komering yang terletak di Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung.

Luas permukaan danau 125,9 km2 dengan ke dalaman rata-rata 174 m serta kedalaman maksimum 229 m. Volume air yang ada sekitar 21,95 km3, letaknya 540 m di atas permukaan laut (apj).