Cegah Covid-19, Pemdes Tanjung Terang Bagikan Masker Gratis Ke Warganya

oleh -155 views
Ketua RT 2 Basumi memberikan masker kepada Rizki

MUARA ENIM,Samudra.News-Berbagai langkah dilakukan pemerintah untuk melindungi warganya dari mewabahnya virus Corona atau yang biasa disebut Covid-19. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Tajung Terang, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Kamis (24/9/2020).

Kepala Desa Tanjung Terang Aan Rediakmal mengatakan, selain penyemprotan disinfektan, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menyediakan tempat cuci tangan, dan menjaga jarak serta menjauhi kerumunan, pihaknya  juga membagikan masker gratis untuk warganya mulai dari Dusun 1, 2 dan 3.

Dilanjutkannya, sumber dana berasal dari anggaran Dana Desa Tahun 2020.  Pembagian Masker diserahkan kepada masyarakat oleh Kepala Desa melalui Perangkat Desa, Kadus dan Ketua RT. Dana yang dianggarkan pada pengadaan masker ini sebesar Rp. 28.120.000,00 (dua puluh delapan juta seratus dua puluh ribu rupiah), untuk 5.624 buah Masker, ujarnya.

Pembagian Masker Gratis ini merupakan tindak lanjut dari program pemerintah pusat yaitu “Program Sejuta Masker Untuk Masyarakat”. Melalui program pengadaan masker, kami berharap dapat mencegah penyebaran Covid-19 di Desa kami.

Ketua RT 3 Dusun 1 A. Zazili serahkam Masker ke warga

Kami juga berharap kepada masyarakat agar mematuhi aturan pemerintah yakni tati Protokol Kesehatan sesuai standar, karena kesehatan itu mahal. Pembagian 5.624 buah masker ini dilakukan secara door to door kepada semua warga Desa Tanjung Terang.

Tak hanya membagikan masker saja, pihaknya bersama Bidan Desa, BPD, Perangkat Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga melakukan sosialisasi terkait Covid-19, dan menghimbau kepada warganya untuk selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

Kita juga lakukan sosialisasi terkait dengan Covid-19, serta menghimbau masyarakat untuk tidak berpergian keluar kota dahulu, kecuali kalau benar-benar penting, dengan cacatan melapor ke Ketua RT atau Kepala Dusun setempat, ungkapnya.

Baca Juga :   Karyawan Ketarik Mesin Penggiling Kayu, Keluar Mengenaskan Jadi Potongan Kecil-Kecil

Aan Rediakmal juga menjelaskan, memerangi pandemi Covid-19 ini merupakan tanggung jawab bersama, tidak hanya petugas kesehatan saja. Ia berharap dengan adanya beberapa langkah yang sudah dilakukan Pemerintah Desa Tanjung Terang ini bisa ikut mencegah penyebaran Covid-19 di Desa Tanjung Terang.

Ketua RT membagilan Masker ke warga

Kami sudah menyediakan tempat cuci tangan plus sabun di beberapa titik, seperti Balai Desa, Masjid, Mushola, dan beberapa tempat umum lainnya yang ada di Desa Tanjung, semoga Covid-19 ini tidak masuk ke Desa kami, katanya.

Ditempat yang berbeda Kadus Dusun 1 Jahrudin mengatakan, Masker dibagikan kepada seluruh warga Desa Tanjung Terang yang telah berusia di atas 4 tahun. Penyerahan dilakukan kepada warga dengan metode penyerahan langsung ke rumah masyarakat (door to door), mengingat saat ini kita sedang dibatasi untuk melakukan perkumpulan.

Pembagian masker ini dimaksudkan sebagai stimulan, agar masyarakat lebih memperhatikan Protokol Kesehatan sesuai standar yang ada dan anjuran Pemerintah, katanya.

Sementara itu warga Dusun 1 RT 2 Desa Tanjung Terang Rizki, mengucapkan terima kasih telah dibagikan masker gratis oleh Pemerintah Desa Tanjung Terang, tak hanya itu ia juga menjadi tahu akan Covid-19 karena adanya sosialisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa.

Sejak adanya sosialisasi dari Kades Tanjung Terang beserta perangkat dan petugas yang lain keliling ke rumah-rumah untuk membagikan masker dan sosialisasi terkait dengan Covid-19, saya berterima kasih kepada Pemerintah Desa Tanjung Terang yang telah peduli kepada warganya, pungkasnya (herdi).