Bupati OKU H Kuryana Azis, Terima Penghargaan ProKlim dari Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan RI

oleh -46 views
Bupati OKU terima penghargaan ProKlim

JAKARTA-Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menerima penghargaan sebagai Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr Ir Ruandha Agung Sugardiman MSc kepada Bupati OKU H Kuryana Azis dan disaksikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr Ir Siti Nurbaya, MSc. Rabu (24/10).

Penyerahan penghargaan pembina ProKlim tersebut sebagai rangkaian acara Hari Aksi Perubahan Iklim di Auditorium Manggala Wanabakti KLHK Senayan, Jakarta bersama 41 Kabupaten/Kota lainnya se-Indonesia. Untuk Provinsi Sumatera Selatan diwakili bersama 8 Kabupaten/Kota yakni Pemkab OKU, Muara Enim, OKI, Musi Rawas, Muratara, PALI, Kota Prabumulih dan Palembang.

Bupati bersama Kepala DLH OKU

Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) OKU Selamat Riyadi mengatakan, kepastian penerimaan penghargaan itu sesuai dengan surat Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Nomor : UN.124/PPI/API/PPI.0/10/2018, perihal : Undangan Penyerahan Apresiasi Pembinaan Proklim Tahun 2018 tanggal 16 Oktober 2018.

Ditambahkan  Selamat Riyadi, perolehan penghargaan ini karena Pemkab OKU konsisten dalam mendorong Program Kampung Iklim sejak lama. Disamping itu Bupati Kuryana Azis juga mengeluarkan Instruksi Bupati tentang Dukungan dan Pendampingan Lokasi Program Kampung Iklim di Kabupaten OKU.

Piagam penghargaan ProKlim dari Menteri LHK

Sosialisasi dan pendampingan telah dilakukan agar seluruh pemangku kepentingan aktif dalam pengelolaan lingkungan dan peka terhadap perubahan iklim. Sudah banyak dusun dan desa ikut terlibat dalam program Kampung Iklim ini. Kami juga mendorong peran BUMDes dalam pengelolaan sampah melalui Bank Sampah, ujarnya.

Pemkab OKU menerima penghargaan yang ke-3 dalam minggu ini, hanya berselang satu hari, Meneima piagam penghargaan WTP dari Kementerian Keuangan RI, kemudian Pemkab OKU terpilih dan masuk sembilan besar dalam penilaian penganugerahan KASN 2018. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Bidang Pengawasan, Monitoring dan Evaluasi Dr Waluyo kepada Sekretaris Daerah Pemkab OKU, Dr H. Achmad Tarmizi di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Selasa (23/10).

Baca Juga :   Demi Mempertahankan Piala Adipura, Andri Windra Siap Benahi Pasar Baru Baturaja Menjadi Lebih Baik

Jumlah lokasi Kampung Iklim yang semakin banyak di Indonesia serta meningkatnya peran serta aktif pelaksana dan pendukung ProKlim merupakan indikator bahwa aksi nyata pengendalian perubahan iklim di tingkat tapak terus bergulir. Dalam rangka meningkatkan koordinasi serta memfasilitasi pertukaran informasi dan pengalaman dalam pelaksanaan ProKlim.

Bupati OKU bersama penerima ProKlim

Program Kampung Iklim (ProKlim) yang dicanangkan sebagai Gerakan Nasional Pengendalian Perubahan Iklim Berbasis Masyarakat oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2016 telah mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan pemangku kepentingan di daerah.

Kali ini, orang nomor satu di Kabupaten OKU diganjar anugerah Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) Utama tahun 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Penghargaan tersebut sukses diraih antara lain karena Bupati Kuryana Azis dinilai berkomitmen dan konsisten mendorong Program Kampung Iklim di Kabupaten OKU atau Bumi Sebimbing Sekundang. .

Bupati OKU H Kuryana Azis menjelaskan, Pemkab OKU memperoleh penghargaan Proklim karena dinilai berhasil membina Proklim di daerah ini. Ia juga mengaku sangat bersyukur dengan diterimanya penghargaan ini. Ia berharap prestasi ini nantinya mampu menjadi motivasi bagi seluruh pihak di Kabupaten OKU untuk menciptakan Kampung Program Iklim, Pungkasnya (icun/yudi).